PEMKAB TANJAB Timur Apresiasi PetroChina Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan UMKM dan IKM

 


BuniSiginjai.com, Jambi - PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) menggelar kegiatan Pelatihan Design Kemasan Produk dan Digital Marketing untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Tanjung Jabung (TANJAB) Timur bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten TANJAB Timur, pada Rabu 29 Mei 2024, bertempat di Aula DISPERINDAG Kabupaten TANJAB Timur.


Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai produk melalui sarana penunjang kemasan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di wilayah Kabupaten TANJAB Timur.


Hadir dalam kegiatan yakni Corporate Social Responsibility (CSR) Supervisor PetroChina Rina Putri, Bupati TANJAB Timur yang diwakili oleh Asisten II Sekretaris Daerah (SETDA) Kabupaten TANJAB TIMUR Jakfar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten TANJAB TIMUR Muhammad Awaluddin, Kepala Bidang Pengembangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten TANJAB Timur Windi Jatmiko, perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten TANJAB Timur, peserta pelatihan, serta para tamu undangan.


Pelatihan ini berlangsung selama dua hari yakni pada 29 hingga 30 Mei 2024, diikuti oleh  para pelaku usaha dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten TANJAB Timur.  Pelatihan dilakukan dengan mendatangkan trainer yakni CEO Rumah Kemasan Bandung, Mohammad Firsan.


Dalam sambutannya, CSR Supervisor PetroChina, Rina Putri, mengatakan bahwa dalam merencanakan suatu program pengembangan masyarakat, PetroChina  juga berusaha agar program tersebut dapat menyentuh langsung ke masyarakat dan sinkronisasi dengan program pemerintah daerah.


“Yang hadir disini adalah UMKM yang terpilih, kemudian nanti mereka akan mengikuti pelatihan selama dua hari, dari seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini akan kita assessment untuk dipilih sebanyak 10 UMKM yang nantinya akan kami bantu kemasan produk nya sebanyak 1.000 kemasan yang nanti dapat mereka gunakan untuk penjualan produk UMKM nya, 1 produk 1.000 pcs,” ujarnya. 


“Dengan kemasan yang baru ini harapan nya akan meningkatkan daya beli konsumen, dan mereka akan bisa menjual ke berbagai platform, jadi tidak lagi dengan kemasan yang lama dengan kemasan yang baru yang lebih etnik, lebih seger dan lebih modern,” lanjut Rina Putri.


Rina Putri menuturkan, bahwa PetroChina bekerja sama dengan DISPERINDAG Kabupaten TANJAB Timur dalam menyelenggarakan pelatihan ini. Tidak hanya pelatihan saja, namun PetroChina juga memfasilitasi beberapa produk UMKM yang terpilih produknya dengan ketentuan sudah terdaftar dan tersertifikasi halal berdasarkan hasil assessment untuk diberikan kemasan, sebagai modal awal agar nantinya terus menggunakan kemasan yang modern ini.


“Kami sangat mengharapkan agar program pengembangan masyarakat pelatihan design dan kemasan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pelaku UMKM yang ada di kabupaten Tanjung Jabung Timur dan harapan ke depannya UMKM lebih mandiri, lebih sukses dalam segi promosi dan penjualannya, sehingga  produknya dapat dikenal masyarakat luas,” tuturnya.


Asisten II Sekretaris Daerah (SETDA) Kabupaten TANJAB Timur, Jakfar, saat membuka acara mengucapkan terima kasih kepada PetroChina atas dukungan CSR nya selama ini yang telah membantu pertumbuhan ekonomi daerah.


“Disini kami atas nama pemerintah kabupaten sangat berterima kasih kepada PetroChina, yang  Alhamdulillah selama ini PetroChina terus menjalankan program program CSR nya. Mudah-mudahan PetroChina dapat mendukung kami, sehingga kami bisa dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.


Selanjutnya Kepala DISPERINDAG Kabupaten TANJAB Timur, Muhammad Awaluddin, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan design dan marketing digital yang dilaksanakan adalah bentuk kolaborasi dengan pihak perusahaan dalam hal ini PetroChina, dalam rangka pengembangan industri kecil menengah di wilayah Kabupaten TANJAB Timur.  Dimana dengan design yang bagus dan pengetahuan market digital yang baik diharap dapat meningkatkan kualitas produk dan menarik minat pembeli produk UMKM.


“Jadi kegiatan hari ini, harapan kami nanti nya bukan hanya sebatas pelatihan, tapi juga memberikan efek bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) lainnya, bahwa apabila mereka menggunakan kemasan dengan baik dan mereka mempunyai pengetahuan marketing yang baik, mereka juga akan bisa menularkan ke IKM-IKM lainnya,” ungkapnya.


“Diharapkan produktivitas terutama terkait dengan pemasaran hasil produk  dapat menjangkau masyarakat luas,” tambahnya.


Mohammad Firsan yang merupakan pelatih desain dari Rumah Kemasan Bandung mengungkapkan, hal pertama yang diajarkan kepada pelaku usaha di Kabupaten TANJAB Timur adalah mengubah pola pikir tentang pentingnya kemasan menarik untuk produk UMKM. Karena tidak jarang ditemukan, pelaku UMKM dan IKM kurang memperhatikan kemasan produk yang menarik dan cocok untuk produknya.


“Materi yang disampaikan tentang mindset tentang wirausaha, tentang kemasan produk, bagaimana caranya meningkatkan kualitas produk, design produk temen-temen UMKM di TANJAB Timur ini lebih berdesain, kemudian juga ada materi tentang digital marketing, bagaimana teman-teman peserta disini bisa mengoptimalkan pemasaran produk nya dari pasar online,” tuturnya.


Salah seorang peserta pelatihan dari Nipah Panjang, Hunaina, menyampaikan pandangannya mengenai pelatihan dan juga memberikan apresiasi kepada PetroChina yang telah mengadakan pelatihan ini.


“Sejauh ini yang aku dapat, kemasan harus diperbaiki lagi, target marketingnya, model desainnya, masih banyak yang harus diperbaiki. Semoga dengan adanya kegiatan ini, membuat diri sendiri untuk berubah, mungkin untuk kemasannya diubah, lebih memajukan lagi,  menambah dana untuk usaha,” ujarnya.


“Terima kasih untuk PetroChina atas kegiatan ini, ini sangat bermanfaat bagi kami UMKM di TANJAB Timur, semoga ke depan ada kegiatan seperti ini lagi," lanjutnya.


Peserta pelatihan lainnya yang berasal dari Teluk Kuala Jambi, Nanik Anjas Rahayu,  yang mengikuti pelatihan desain grafis untuk kemasan UMKM, juga berbagi pengalamannya dan mengungkapkan apresiasi dan harapannya.


“Menurut saya atas pelatihan ini, saya jadi banyak wawasan dan dapat banyak ilmu untuk memperbaiki produk kemasan saya.  Mudah-mudahan produk saya bisa lebih maju lagi dan bisa sampai tersebar kemana-mana,” ungkapnya.


"Untuk PetroChina dan DISPERINDAG terima kasih untuk pelatihan hari ini.  Semoga kami semua para UMKM bisa maju dan naik kelas.” tutupnya. 

Posting Komentar

0 Komentar