Pada Peringatan Hari Buruh Internasional 2024 PetroChina Raih Penghargaan Dari PEMKAB TANJAB Barat

 



BumiSiginjai.com, Jambi - Peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2024 menjadi moment penting bagi PetroChina International Jabung Ltd. (PCIJL).  Dalam moment tersebut, sebagai perusahaan migas yang beroperasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (TANJAB Barat), PetroChina meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten TANJAB Barat. 


Penghargaan ini diberikan langsung oleh Bupati TANJAB Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., bertempat di Gedung Balai Pertemuan Kota Kuala Tungkal, Kabupaten TANJAB Barat, pada Rabu (1/5/2025).


Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi signifikan PetroChina dalam mengembangkan sektor energi di Kabupaten TANJAB Barat, serta komitmennya terhadap kesejahteraan para pekerja. PetroChina juga dinilai sebagai perusahaan yang kreatif dan inovatif dalam hal ketenagakerjaan maupun program Corporate Social Responsibility (CSR).

 

Atas penghargaan tersebut, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd., I Wayan Suandana, mengungkapkan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten TANJAB Barat. 


"Kami sangat berterima kasih atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan oleh Bupati Tanjung Jabung Barat kepada PetroChina sebagai perusahaan yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan melaksanakan program-program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Penghargaan ini sangat berarti bagi kami, karena upaya-upaya yang telah dan terus kami lakukan untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui program-program pengembangan masyarakat dan ketenagakerjaan dapat memberikan dampak positif ke daerah sekitar wilayah operasi kami," ungkap I Wayan Suandana.


"Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kontribusi positif dalam pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," lanjutnya. 


Bupati TANJAB Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan tenaga kerja dalam membangun ekosistem yang berkelanjutan dan inklusif. Ia juga menekankan komitmen pemerintah daerah untuk terus memperjuangkan hak-hak pekerja dan meningkatkan kesejahteraan para pekerja. 


Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. juga menyebutkan bahwa saat ini Kabupaten TANJAB Barat memiliki nilai Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) tertinggi se-Provinsi Jambi.


"Kita selalu berdiskusi dan berkolaborasi dalam menyikapi persoalan buruh di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kita juga bekerja sama dengan BAZNAS TANJAB Barat dalam memberikan pelatihan-pelatihan angkatan kerja termasuk buruh," tuturnya.


Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. pada kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten TANJAB Barat dan stakeholder lainnya dalam menginisiasi Peringatan Hari Buruh Tahun 2024. 


"Hari Buruh tahun 2024 ini mengusung tema ‘Kerja Bersama Wujudkan Pekerja yang Kompeten, May Day Is Terampil’ diharapkan dapat merajut kebersamaan antara para pekerja buruh, pemerintah, dan pengusaha untuk mewujudkan pekerja yang berkompeten dan terampil di tugasnya dan bersama-sama memperingati Hari Buruh Internasional dengan aman dan harmonis dalam suasana kekeluargaan," ujarnya.


Sebagai operator Wilayah Kerja Jabung sejak tahun 2002, PetroChina telah menyediakan kesempatan kerja kepada para tenaga kerja lokal dari Provinsi Jambi. Terdata saat ini, terdapat sekitar 85 persen penyerapan tenaga kerja lokal berasal dari Provinsi Jambi yang terbagi menjadi karyawan permanen dan pekerja pihak ketiga.


Selain penyerapan tenaga kerja lokal, PetroChina juga terus berupaya memberikan kontribusi positif terhadap daerah di sekitar wilayah operasinya, seperti dalam pembangunan daerah  melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM).


Keberadaan Betara Camp yang terletak di Kabupaten TANJAB Barat dan Geragai Camp yang terletak di Kabupaten TANJAB Timur, juga mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah sekitar.


Selain memberikan penghargaan dan Santunan JKM/JHT serta Beasiswa Pendidikan kepada penerima ahli waris, pada kesempatan ini Bupati TANJAB Barat juga membuka secara resmi Sosialisasi Ketenagakerjaan dan Talkshow dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional/May Day Tahun 2024. (Tim

Posting Komentar

0 Komentar