Tingkatkan Kualitas Infrastruktur di TANJAB Timur, PetroChina Serahkan Jalan 1,9 KM dan Lanjutkan Pembangunan Jalan 6 KM

 



BumiSiginjai.com, Jambi - Sebagai bentuk sinergitas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) menggelar kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriah bersama Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Tanjung Jabung Timur (TANJAB Timur). Kegiatan ini digelar pada Kamis (21/3/2024) bertempat di rumah Dinas Bupati TANJAB Timur.


Dalam kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriah ini, PetroChina menyerahkan bantuan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) kepada PEMKAB TANJAB Timur berupa Peningkatan Jalan Rigid Beton Blok D menuju Mendahara Ilir sepanjang 1.960 meter senilai Rp 22.231.994.060,-.  Penyerahan bantuan tersebut ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima oleh Field Manager PetroChina International Jabung Ltd. Rudy Hermawan, kepada Bupati TANJAB Timur Romi Hariyanto. 


Sebelumnya program CSR tentang pembangunan jalan juga telah disalurkan, sehingga total mencapai Rp 48 Miliar.  Sebagai kelanjutannya, PetroChina bersama PEMKAB TANJAB Timur melakukan Penandatanganan Perjanjian Swakelola untuk pembangunan jalan baru sepanjang kurang lebih 6.000 meter yang ditargetkan selesai pada tahun 2024.  Perjanjian swakelola ditandatangani oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten TANJAB Timur Dedy Novrianika, S.T., M.M. dan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten TANJAB Timur Susiana, S.T., M.M. mewakili PEMKAB TANJAB Timur.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Communication Manager PetroChina Jabung Afdal, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas SUMBAGSEL Safe'i Syafri, Government and Relation Superintendent PetroChina Jabung Lasno, CSR Superintendent PetroChina Adrian Wibisono, Community Development Supervisor PetroChina Jabung Ahmad Ramadlan.  Hadir pula stakeholder terkait yakni Komandan Kodim (DANDIM) 0419 TANJAB Letkol Arm Dwi Sutaryo, Kepala Kepolisian Resor (KAPOLRES) Tanjung Jabung Timur AKBP Heri Supriawan, S.I.K., M.H., Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (KASI PIDUM) M. H. Fusthathul Amul Huzni, S.H., Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup PEMKAB TANJAB Timur beserta jajaran, serta tamu undangan lainnya.


Selain Penandatanganan Perjanjian Swakola tersebut, PetroChina juga bersinergi dengan PEMKAB TANJAB Timur menyerahkan santunan kepada 150 orang anak yatim piatu dan kaum dhuafa.


Dalam sambutannya, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd., Rudy Hermawan, menyampaikan rasa syukur atas kesempatan bersilaturahmi dan menjalin kerja sama yang erat dengan PEMKAB TANJAB Timur.


“Alhamdulillah, pada kegiatan Safari Ramadan kita kali ini, kami dapat bersilaturahmi dengan Bupati TANJAB Timur beserta seluruh jajarannya serta FORKOPIMDA TANJAB Timur. Semoga dengan silaturahmi, kita semua akan dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya,” ujarnya.


Rudy Hermawan menyebutkan, pentingnya program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan, terutama dalam pembangunan infrastruktur. Dengan peningkatan jalan sepanjang 1.960 meter dan rencana penambahan 6 kilometer berikutnya, diharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Diutarakan bahwa koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah menjadi kunci keberhasilan program ini, meskipun tantangan tetap bisa terjadi. 


“Jadi dengan adanya program CSR itu, kami sangat berharap pertumbuhan ekonomi masyarakat di TANJAB Timur ini bisa terbantu dan memberikan benefit buat masyarakat, bisa membawa keluar produk-produk untuk bisa dijual mencari pasar, memperlancar arus transportasi,” lanjutnya. 


Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas SUMBAGSEL, Safe'i Syafrie, pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa SKK Migas mengapresiasi kerja sama PEMKAB TANJAB Timur bersama PetroChina. Hal ini menunjukkan sinergi antara kedua belah pihak dan bukti adanya kesamaan persepsi tentang pentingnya berkontribusi nyata pada aspek kebutuhan masyarakat, terutama terhadap masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan.


“Ini adalah bagian dari pada kegiatan operasi kita yang dekat dengan masyarakat dan dekat dengan pemerintah, kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar operasi PetroChina ke depan semakin lancar,” tuturnya.


Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto, menyampaikan rasa terima kasih atas respon positif PetroChina dan SKK Migas yang telah memberikan kesempatan serta dipertemukan lagi pada bulan puasa sehingga dapat berkumpul dalam kegiatan Safari Ramadan 1445 H ini.


“Saya menyampaikan atas nama masyarakat Kabupaten TANJAB Timur mengucapkan terima kasih banyak kepada PetroChina dan harapan saya kerja sama ini terus dapat berlanjut dan mudah-mudahan target produksi yang diberikan pemerintah pusat kepada PetroChina, dapat terealisasi,” ungkapnya.


Kepala Dinas PUPR Kabupaten TANJAB Timur, Dedy Novrianika, saat diwawancarai menyampaikan langkah-langkah strategis dalam kelanjutan proyek ini yakni fokus pada pemulihan wilayah yang paling membutuhkan.


“Ada perbedaan desain yang dikerjakan oleh PetroChina 1.960 meter itu dengan lebar 7 meter sedangkan nanti yang akan kita kerjakan sepanjang 6 kilometer itu lebarnya 5 meter dan ini terbagi atas 2 ruas satu ke arah Mendahara dan satunya lagi ke Simpang Lagan.  Jadi sepanjang 6 kilometer nanti swakelola yang kita kerjakan sendiri oleh Dinas PUPR,” jelasnya. 


“Target ke depan kelanjutan dari yang telah dikerjakan PetroChina, kita ambil dari mulai tempat yang terparah,” ujarnya.


Selain itu, salah seorang warga Kecamatan Geragai, Narmi, menyampaikan harapannya dari pembangunan jalan tersebut.


“Jalan ini sangat bermanfaat untuk warga Kabupaten Tanjung Jabung Timur, khususnya di Kecamatan Geragai, dan semoga pembangunan jalan beton ini bukan hanya di satu kecamatan saja, namun bisa merata ke seluruh kecamatan di Kabupaten TANJAB Timur,” ungkapnya.


Sementara itu, Leni dan Nur Aini, yang merupakan penerima santunan dari PetroChina menyampaikan ucapan terima kasih. 


"Terima kasih PetroChina serta pemerintah TANJAB Timur telah memberikan santunan kepada kami. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk kami," ujar Leni.


"Terima kasih PetroChina dan Pemerintah Kabupaten TANJAB Timur yang telah memberikan sumbangan kepada kami. Semoga bermanfaat bagi kami semua," sambung Nur Aini.

Posting Komentar

0 Komentar