Salurkan Bantuan Susu untuk BALITA, PetroChina Konsisten Bantu PEMDA Percepat Penurunan Stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

 



BumiSiginjai.com, Jambi - Dalam upaya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (TANJAB Barat), SKK Migas - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) kembali menyalurkan bantuan susu.


Melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM), PetroChina bersinergi dan berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten TANJAB Barat untuk menyalurkan bantuan tersebut. Bantuan ini disalurkan pada Kamis (15/2/2024), bertempat di Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Cempaka Desa Terjun Gajah, yang berada di Kecamatan Betara, Kabupaten TANJAB Barat, Provinsi Jambi. 


Bantuan yang disalurkan berupa 1.500 kotak susu berkalori tinggi yang terdiri dari 600 kotak susu berkalori tinggi untuk bayi stunting usia 6-12 bulan dan 900 kotak susu berkalori tinggi untuk BALITA stunting usia 12-59 bulan.  Bantuan ini disalurkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan pengentasan stunting di Kabupaten TANJAB Barat. Tahap pertama yakni disalurkan sebanyak 310 Dus SGM Ungu, 17 Dus SGM 1+, dan 24 Dus SGM 3+.


Hadir dalam acara seremonial penyaluran bantuan tersebut yakni Field Manager PetroChina International Jabung Ltd., Rudy Hermawan, Government and Relation Superintendent PetroChina Jabung, Lasno, CSR Specialist PetroChina Jabung, M. Yuda Ramdani, Kepala Desa Terjun Gajah, Anto Hasibuan, Kepala PUSKESMAS Sukarejo, Sumaini, Sekretaris Kecamatan Betara, Sunartini, ibu-ibu Kader POSYANDU, dan para penerima bantuan. 


Field Manager PetroChina International Jabung Ltd., Rudy Hermawan, mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini sebagai upaya untuk peningkatan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasi kerja perusahaan. Ini merupakan salah satu komitmen SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. dan pemerintah daerah dalam upaya mempercepat penurunan angka stunting.


"Salah satu program yang dilakukan untuk peningkatan kesehatan masyarakat adalah melalui kegiatan-kegiatan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting," ujarnya.


“Kita dituntut untuk mempunyai program kepedulian terhadap masyarakat sekitar, ya berupa program-program yang sifatnya membantu pengembangan sumber daya, salah satunya adalah dengan mempersiapkan generasi muda yang akan datang dengan program anti stunting ini,” lanjutnya.


Rudy menyebutkan, bahwa pemberian susu ini merupakan rangkaian dari tahapan bantuan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 


"Melalui program ini kita sudah mulai menuai hasil bersama. Dimana TANJAB Barat sudah berhasil menekan prevelensi stunting menjadi yang terbaik ke-2 di Indonesia," ungkap Rudi Hermawan.


Dalam sambutannya, Kepala Desa Terjun Gajah, Anto Hasibuan, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PetroChina dan Dinas Kesehatan TANJAB Barat. Ia menegaskan pentingnya upaya bersama dalam melawan stunting untuk memastikan generasi mendatang dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.


“Kami dari pemerintah desa mengucapkan ribuan terima kasih juga kepada PetroChina yang ada disini ikut serta dalam pencegahan stunting khususnya yang ada di wilayah kita. Jadi kami berharap mudah-mudahan ke depan dengan bantuan tersebut bisa untuk menyehatkan anak kami khususnya di desa ini, dan mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi stunting di Desa Terjun Gajah ini,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Sukorejo, Kecamatan Betara, Sumaini, pada kesempatan tersebut turut mengapresiasi PetroChina yang telah turut membantu menurunkan angka stunting. Ia menjelaskan bahwa terdapat 58 data BALITA stunting di Kecamatan Betara. 

 

“Kami dari perwakilan PUSKESMAS Rawat Inap Sukarejo mengucapkan ribuan terima kasih kepada pimpinan dari PetroChina.  Kami apresiasi terhadap penurunan kecepatan stunting di wilayah kerja PUSKESMAS Rawat Inap Sukarejo,” ungkapnya.


"Disini kami mendapatkan bantuan yang sangat berarti, yang sangat bermanfaat bagi generasi-generasi penerus khususnya di wilayah PUSKESMAS Rawat Inap Sukarejo. Dimana bantuan susu ini untuk mencegah penurunan stunting kemudian untuk penurunan gizi kurang, gizi buruk untuk bayi BALITA di wilayah PUSKESMAS Rawat Inap Sukarejo,” lanjutnya.


Sekretaris Kecamatan Betara, Sunartini, juga turut menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi antara PetroChina dan pemerintah kecamatan dalam upaya penurunan stunting. Ia berharap kerja sama ini terus berlanjut dan lebih luas, serta dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.


“Kepada PetroChina khususnya pada hari ini, sudah berupaya berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan Betara khususnya dalam hal ini memberikan bantuan susu kepada kita semua, jangan bosan-bosan untuk ke depannya. Mudah-mudahan kasus stunting untuk 58 BALITA akan turun dengan kerja sama kita semua," tuturnya. 


Beberapa Warga Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, yang merupakan salah satu penerima bantuan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PetroChina yang sudah peduli dan berkenan hadir memberikan bantuan tambahan gizi kepada anak-anak di Kabupaten TANJAB Barat.


“Terima kasih buat PetroChina dan pihak dinas kesehatan yang sudah membantu anak-anak disini, kami sangat terbantu atas bantuannya, semoga anak anak di Desa Terjun Gajah sehat semua” ungkap seorang warga atas nama Linda Fristian Lubis.


"Bantuan ini cukup membantu untuk anak saya yang stunting," ujar seorang warga atas nama Siti Rahma yang menyebutkan anaknya didiagnosa mengalami stunting sejak usia 1 tahun 8 bulan hingga saat ini di usia 3 tahun 4 bulan.


"Kalau bisa bantuan terus disalurkan sampai anak dinyatakan tidak stunting lagi. Kami sangat berterima kasih ke PetroChina," ujarnya. 

Posting Komentar

0 Komentar