Masyarakat Kecamatan Batang Asam Ucapkan Terima Kasih Kepada PetroChina Jabung Atas Bantuan Peduli Korban Banjir

 


BumiSiginjai.com, Jambi  -  Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak bencana banjir di Provinsi Jambi, SKK Migas - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) kembali menyalurkan bantuan untuk penanggulangan bencana banjir, yang kali ini berada di Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (TANJAB Barat), Provinsi Jambi.


Bantuan ini disalurkan pada Senin (12/2/2024), bertempat di Kantor Kecamatan Batang Asam, dengan total bantuan yang diserahkan senilai Rp 44 juta.  Bantuan ini langsung didistribusikan kepada para korban guna mengurangi dan meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah banjir.


Dari total bantuan senilai Rp 44 Juta, direalisasikan berupa 229 paket sembako yang masing-masing berisi 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng,  2 kaleng sarden, dan 10 bungkus mie instan.  Bantuan disalurkan langsung kepada 229 KK yang terdampak banjir.  Terdiri dari 95 KK di Desa Tanjung Bojo, 88 KK di Kelurahan Dusun Kebun, 41 KK di Desa Suban, dan 8 KK di Desa Sungai Badar.


Bantuan diserahkan secara langsung oleh Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, kepada Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat.  Penyerahan bantuan ini disaksikan oleh Government and Relations Superintendent PetroChina Jabung Saipul, PLH Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat H. Dahlan, KAPOLSEK dan DANRAMIL, Camat Batang Asam Junaidi, serta Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, dan FORKOPIMCAM lingkup Pemerintah Kabupaten TANJAB Barat, dan para warga penerima bantuan. 


Field Manager PetroChina Jabung, Rudy Hermawan, menyampaikan bahwa penyerahan bantuan ini adalah wujud kepedulian PetroChina terhadap masyarakat.  Dimana bantuan kemanusiaan diserahkan dengan artian PetroChina peduli terhadap masyarakat.


“Sebagai wujud kepedulian dari perusahaan yang kita bernaung di satu tempat yang sama, TANJAB Barat. Kita mempunyai awareness, apalagi terhadap masyarakat yang sedang tertimpa musibah di Kecamatan Batang Asam karena banjir. Kami berharap bisa ikut berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak,” ujar Rudy Hermawan.    


Rudy menuturkan bahwa salah satu fokus bantuan dari PetroChina adalah untuk membantu dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat. 


"Saya pikir minimal bisa untuk membantu meringankan ketahanan pangan, karena di tengah kesulitan transportasi karena banjir dan sebagainya, sulit menjangkau lokasi untuk belanja dan sebagainya," tuturnya.


Bupati TANJAB Barat, Anwar Sadat, pada kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PetroChina. 


“Kami berterima kasih atas kerja sama dengan PetroChina yang telah berkontribusi, menjadi bagian rasa persaudaraan, rasa memiliki dalam satu wadah dan juga satu rumah.  Maka kita harus bersatu padu, bersinergi, saling bersama-sama,” ujarnya. 


“Mudah-mudahan bantuan ini dapat memberikan support dalam rangka ketahanan pangan sehingga mereka juga tidak terlalu terbebankan oleh banjir yang menimpa masyarakat kita yang ada di Kecamatan Batang Asam. Mudah-mudahan bantuan ini walaupun tidak secara keseluruhan, ya minimal sebagai respon dan rasa tali asih kami, pemerintah daerah dan perusahaan yang empati kepada masyarakat yang mendapatkan ujian dan musibah banjir," lanjutnya.


Salah seorang warga Desa Suban, Kecamatan Batang Asam, Marleni, yang juga merupakan salah satu penerima bantuan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PetroChina yang sudah peduli dan berkenan hadir memberikan bantuan bencana banjir.


“Terima kasih kepada PetroChina yang telah berkenan memberikan bantuan bencana banjir kepada kami semua.  Mudah-mudahan apa yang mereka lakukan, khususnya PetroChina mendapat balasan dari Allah SAW atas perbuatan baik mereka kepada kami," ungkapnya.


Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Sosial Kabupaten TANJAB Barat, Refiyendri, juga menyampaikan terima kasih kepada PetroChina atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Kabupaten TANJAB Barat yang terdampak banjir di Kecamatan Batang Asam.


"Kami atas nama Kepala Dinas Sosial Kabupaten TANJAB Barat ingin menyampaikan terima kasih kepada PetroChina yang telah membantu masyarakat Kabupaten TANJAB Barat yang terdampak banjir di Kecamatan Batang Asam," ujarnya pada Sabtu (10/2/2024) saat menerima distribusi bantuan yang diserahkan oleh PetroChina di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Jambi.


Refiyendri menjelaskan bahwa meskipun banjir telah surut, namun dampaknya masih dirasakan oleh sebagian masyarakat. 


"Memang banjir ini sudah dari Januari, sekarang sudah tidak banjir lagi. Namun kami sebagai pemerintah daerah tentu memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak," ujarnya.


Meskipun pasokan bantuan dari pemerintah tidak mencukupi untuk menjangkau semua warga yang terdampak, Refiyendri  menyebutkan dengan adanya dukungan dari PetroChina, kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi dapat tercukupi. 


"Kemarin itu masih ada masyarakat yang belum mendapat bantuan. Kita coba ajukan proposal, kemudian Alhamdulillah pada hari ini dapat direalisasikan," ungkapnya.


Sebelumnya, PetroChina juga telah menyerahkan bantuan untuk para korban bencana banjir di Provinsi Jambi senilai RP 60 juta, yang diserahkan langsung kepada Dinas Sosial Provinsi Jambi pada tanggal 10 Januari 2024. Selain itu, PetroChina International Bangko Ltd. (PCBL) juga menyerahkan bantuan senilai Rp 20 juta, berupa 100 kilogram beras dan 100 dus mie instan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sarolangun pada tanggal 17 Januari 2024. Bantuan di Kabupaten Sarolangun ini disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir di dua kecamatan, yaitu Limun dan Cermin Nan Gedang.


Tidak hanya itu, PetroChina juga memberikan bantuan untuk korban bencana banjir senilai Rp 60 juta kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada tanggal 22 Januari 2024, khususnya di wilayah paling terdampak yakni di Kecamatan Rantau Rasau dan Kecamatan Berbak.

Posting Komentar

0 Komentar