PetroChina Jabung Gaungkan Budaya Selamat dan Aman Bagi Seluruh Pekerja

 



BumiSiginjai.com, Jambi - Dilakukan di dua camp PetroChina Jabung, yakni Betara Gas Plant (BGP) pada 16 November 2023 dan North Geragai Facility (NGF) pada 17 November 2023, manajemen PetroChina menggaungkan budaya selamat dalam bekerja.  Budaya selamat kerja tersebut dirangkai dalam sebuah program yakni Life Saving Rules (LSR).


Gelaran yang dilakukan di Jabung Field sendiri, bertema PetroChina Awareness and Talkshow Life Saving Rules 2023.  Dimana, dengan tagline Life Saving Rules Now, Building Safety Forever, selamat dinyatakan sebagai komitmen dan tanggung jawab yang dibangun bersama, dengan harapan menjadi budaya yang selalu diterapkan oleh para pekerja PetroChina Jabung dalam melakukan berbagai aktivitas operasional.


Dihadiri sekitar 500 pekerja di masing-masing camp, hadir secara langsung yakni Act. General Manager PetroChina Jabung Bambang Sukiyono, HSSE Manager PetroChina International Jabung Ltd. Alvin Reginald, dan sebagai Field Manager PetroChina Jabung yakni I Wayan Suandana dan Rudy Hermawan.  Tidak ketinggalan sebagai bentuk dukungannya, President Director PetroChina yakni Qian Mingyang menyampaikan pesan dan semangatnya dalam membudayakan keselamatan kerja melalui tayangan video testimoni.


Dalam laporannya, HSSE Manager PetroChina Jabung, Alvin Reginald, mengatakan bahwa program Life Saving Rules diluncurkan pada 19 Oktober 2023.  Dimana manajemen PetroChina telah menyusun prosedur dan membentuk komite dalam menguatkan budaya keselamatan kerja.


“Mari kita sama-sama menyukseskan program ini sebagai salah satu ciri khas dari PetroChina, mulai sekarang hingga ke depannya,” ujarnya.


“Dengan komitmen yang telah kita bangun, LSR bukan hanya sekadar kata-kata, namun value, dimana LSR akan menjadi budaya yang selalu kita junjung dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari,” Alvin Reginald melanjutkan.


Dalam sambutannnya di Betara Gas Plant (BGP) Camp, Field Manager PetroChina Jabung, I Wayan Suandana, menyatakan bahwa manajemen PetroChina fokus pada keselamatan kerja bagi seluruh karyawan.  Dimana seluruh pekerja diimbau untuk mengimplementasikan program LSR dalam setiap pekerjaan.


“Safety adalah fokus utama yang kita tekankan untuk diperhatikan.  Mari kita sama-sama mengimplementasikan program (LSR) dari HSSE dalam setiap pekerjaan dan mengingatkan rekan kerja kita bahwa safety menjadi nilai yang utama,” ujarnya.


“Yang paling utama dalam hal ini adalah bagaimana kita menjaga semua karyawan agar tetap selamat dalam bekerja, aman dan kembali ke keluarga dengan bahagia,” lanjutnya.


Sementara dalam sambutan yang disampaikan di North Geragai Facility (NGF) Camp, Field Manager PetroChina Jabung, Rudy Hermawan, menyatakan bahwa Life Saving Rules adalah program yang menjadi pengingat bagi setiap pekerja PetroChina untuk selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.  Dalam hal ini, meski tekanan dan target dalam bekerja dirasakan oleh setiap pekerja, namun peraturan terkait keselamatan dalam bekerja menjadi fokus utama yang harus diikuti.


“Kita semua harus bisa mengenali bahwa setiap pekerjaan mempunyai karakteristik yang berbeda.  Namun harus selalu ingat, bahwa kita bekerja harus dengan aman dan selamat. Kita memahami bahwa dalam setiap pekerjaan di lapangan tidak jarang dituntut untuk mengantisipasi beberapa kondisi yang tentunya terkait  dengan produksi, sering berakibat pressure yang sangat tinggi.  Namun ingat, peraturan yang terkait dengan keselamatan kerja dan  sebagainya harus diutamakan.  Kita harus bisa mengimplementasikan dan lebih peduli terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.  Keselamatan dan kesehatan kerja ini mari kita jadikan sebagai bentuk budaya,” ujarnya.


“Safety bukanlah  menjadi tanggung jawab HSSE saja, tetapi lebih menjadi tanggung  jawab pribadi masing-masing.  Harus selalu ingat bahwa kita masing-masing pribadi adalah front line, sebagai endorse untuk agen-agen kesehatan dan keselamatan kerja.  Saya mengimbau kita semua untuk bisa saling mengingatkan satu dengan yang lain, untuk bersama-sama  mengimplementasikan.  Mari kita tingkatkan kinerja dengan menerapkan budaya selamat.  Bahwa safety menjadi nilai utama,” lanjutnya.


Selain itu, Act. General Manager PetroChina Jabung, Bambang Sukiyono, menyampaikan bahwa harapan adanya program LSR, kesadaran dalam mengimplementasikan keselamatan kerja tidak hanya dalam seremonial melainkan harus melekat pada diri masing-masing pekerja.


“Tidak hanya slogan safety first, namun safety itu adalah budaya kita sendiri.  Di hati kita, harus sudah menjadi culture.  Kita upayakan safety itu jadi budaya kita sendiri dan safety bukan punya HSSE, tapi adalah punya kita semua, itu adalah yang perlu ditanamkan.  Yang terpenting adalah bekerja dengan target monggo (red: silahkan), tapi tetap safety dan healthy, itu yang terpenting,” ujarnya.


Dalam video yang ditayangkan, President Director PetroChina, Qian Mingyang menyampaikan bahwa di tengah aktivitas yang berisiko tinggi yang dapat menyebabkan cedera serius hingga kematian, pada pekerja harus menerapkan budaya selamat dalam kehidupan sehari-hari.


“Mari menjaga diri sendiri dan karyawan lain agar aman.  Prinsip-prinsip ini harus dipraktikkan agar membantu kami melindungi kehidupan karyawan dan mengamankan aset perusahaan.  Manajemen PetroChina terus mendukung setiap program keselamatan, saya minta dukungan dan dedikasi para pekerja untuk mengikuti peraturan ini.  Saya berharap komitmen dan konsistensi akan tetap hidup dan keselamatan menjadi identitas PetroChina,” ujarnya.


Dalam gelaran PetroChina Awareness and Talkshow Life Saving Rules 2023, baik di BGP Camp maupun NGF Camp, menghadirkan dua orang narasumber yakni Emanuel Eko Haryanto, S.T., M.T. yang merupakan EHS Practitioners, Trainer, Auditor, Assesor, dan Moderator serta Prof. Doni Hikmat Ramdhan, S.K.M., M.K.K.K., Ph.D. yang merupakan akademisi di Department of Occupational Health and Safety di Universitas Indonesia.


Prof. Doni Hikmat Ramdhan menyampaikan bahwa budaya keselamatan merupakan produk dari nilai, sikap, persepsi, kompetensi, dan pola perilaku individu maupun grup kerja yang mencerminkan komitmen, cara kerja, dan kemampuan organisasi dalam aspek pengelolaan keselamatan dan kesehatan kerja.  Budaya keselamatan merupakan cerminan dari spektrum yang luas terdiri dari aspek manusia, aspek organisasi, dan aspek teknologi yang berkaitan langsung dengan pengelolaan keselamatan (safety) secara utuh di dalam organisasi.  Dimana faktor-faktor yang dapat diamati yakni sistem manajemen dari organisasi, lingkungan kerja fisik, dan perilaku (behavior) individu dalam keselamatan.


“Mengapa budaya keselamatan penting?  Jawabannya adalah budaya keselamatan telah terbukti menjadi prediktor utama kinerja keselamatan dan inilah perbedaan antara organisasi yang aman dan yang tidak aman.  Ada lima prinsip umum yang digunakan dalam model budaya keselamatan yakni budaya informasi, budaya pelaporan, budaya yang adil, budaya belajar, dan budaya fleksibel,” ujarnya.


“Organisasi dengan budaya keselamatan yang efektif umumnya digambarkan memiliki komitmen terhadap keselamatan yang meresap ke seluruh organisasi.  Artinya, manajemen senior menunjukkan komitmen terhadap keselamatan dan kepedulian terhadap bahaya yang dimiliki oleh karyawan di semua tingkatan dalam organisasi,” Prof. Doni Hikmat Ramdhan melanjutkan.


Sementara, dalam paparannya, Emanuel Eko Haryanto menyampaikan bahwa dalam mengimplementasikan budaya selamat, manajemen perusahaan harus memasang rambu ruang terbatas untuk memperingatkan pekerja, dimana para pekerja yang diberdayakan haruslah merupakan personel berkualitas.


“LSR tidak dimaksudkan untuk mengatasi seluruh risiko dan bahaya di industri minyak dan gas.  Peraturan tersebut dimaksudkan untuk mendukung sistem manajemen perusahaan yang ada,” ujarnya.


“Kebijakan ini haruslah memberdayakan seluruh pekerja untuk menghentikan operasi jika timbul kondisi berbahaya.  Perhatikan lingkungan sekitar Anda & waspadai risiko kesehatan dan keselamatan bagi diri Anda dan kolega Anda.  Komunikasikan secara terbuka risiko kesehatan dan keselamatan kepada kolega Anda dan diskusikan solusi yang mungkin untuk mengidentifikasi risiko tersebut.  Jadilah panutan keselamatan. Biasakan diri Anda dengan persyaratan dan pedoman kesehatan dan keselamatan. Ikuti prosedur kerja yang aman,” Emanuel Eko Haryanto melanjutkan.


PetroChina Awareness and Talkshow Life Saving Rules 2023 yang digelar di BGP dan NGF Camp ditutup dengan tagline “Life Saving Rules Now, Building Safety Forever” dengan semangat digaungkan oleh seluruh pekerja PetroChina, dengan harapan keselamatan dan kesehatan dalam beraktivitas selalu melindungi kehidupan para pekerja PetroChina.

Posting Komentar

0 Komentar