Kenalkan Industri Hulu Migas, PetroChina Jadi Narasumber Pada Kuliah Umum di UIN STS Jambi

 



BumiSiginjai.com, Jambi - Pada Selasa, 14 November 2023, bersama SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di wilayah Provinsi Jambi, PetroChina International Jabung Ltd. hadir di Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi dengan memberikan kuliah umum.  Kuliah umum ini berlokasi di Amphiteater Wing C Lt. 1 GCR, diikuti oleh 250 mahasiswa/i UIN STS Jambi yang terdaftar dan hadir, bertema “Hulu Migas Membangun Negeri”.


Hadir dalam kuliah umum ini yakni Rektor UIN STS Jambi yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.EI., Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL yang diwakili oleh Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi Safe’i Syafrie, S.H., M.H., Kepala Bagian Umum UIN STS Jambi Abdul Rahman, M.Pd., Government & Relations Dept. Superintendent PetroChina International Jabung Ltd., Saipul, beserta jajaran, serta perwakilan dari Perusahaan Migas yang ada di Provinsi Jambi yakni KKKS Pertamina Hulu Rokan Zona 1, KKKS Jadestone Energy (Lemang) Pte. Ltd., dan KKKS Jindi South Jambi B Co. Ltd.


Kuliah Umum SKK Migas - KKKS Jambi dengan tema “Hulu Migas Membangun Negeri”  menghadirkan tiga orang narasumber yakni Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan SUMBAGSEL Safe’i Syafrie, S.H., M.H., Government & Relations Dept. Superintendent PetroChina International Jabung Ltd. Saipul, dan Officer Emergency Response Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Sumatera Teguh Santoso.


Government & Relations Dept. Superintendent PetroChina International Jabung Ltd., Saipul, dalam paparan sebagai narasumber menyampaikan materi dengan tema “SENI (Sinergi Membangun Negeri)”.  PetroChina dengan wilayah kerja Blok Jabung dengan luasan 1.643 KM2 berada di tiga wilayah yakni Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, dan Kabupaten Muaro Jambi.  Dengan rerata produksi harian sekitar 53.000 BOPD, pekerja lokal yang berada di Blok Jabung mencapai 80 persen dari total sumber daya manusia (SDM) yang ada di PetroChina International Jabung Ltd.  Sementara PetroChina dengan wilayah kerja Blok Bangko dengan luasan 798 KM2 berada di tiga wilayah yakni Kabupaten Sarolangun, Merangin, dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Provinsi Sumatera Selatan).


“Kegiatan Hulu Migas yang dilakukan oleh PetroChina dan kontribusinya untuk daerah yakni mulai dari dana bagi hasil pemerintah pusat dan daerah, penyerapan tenaga kerja lokal, pajak dan retribusi, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.


“Tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh SKK Migas - PetroChina guna berdampak positif bagi pemerintah dan masyarakat, dimana Program Pengembangan Masyarakat (“PPM”) yang dilaksanakan dapat secara sistematis dan terencana di Daerah Operasi Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi sebagai langkah mitigasi sosial, ekonomi, dan budaya untuk mendukung kegiatan operasi agar berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan sosial, keamanan dan lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan kemandirian masyarakat melalui program pemberdayaan yang terencana dan strategis,” lanjutnya.


Dalam sambutannya, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan SUMBAGSEL, Safe’i Syafrie, S.H., M.H., menuturkan bahwa kuliah umum yang diselenggarakan adalah Edukasi Migas yang merupakan kegiatan kelembagaan di dalam program pengembangan masyarakat (PPM).


“Adik-adik memiliki kesempatan yang sama untuk kiranya bisa bergabung di dalam kegiatan (Hulu Migas). Yang kami jelaskan adalah bagian hulunya, dari mana sumber minyak dan gas bumi itu didapat.  Harapan besar kami setelah mendengarkan presentasi pada kuliah umum ini, akan terbuka berbagai pemikiran untuk menghasilkan berbagai inovasi untuk bagaimana energi ini berkelanjutan,” ujarnya.


“Inilah tujuan mulia kami dari Hulu Migas datang ke kampus, ingin menjembatani apa yang selama ini pemerintah daerah inginkan, ketika kami beroperasi di suatu wilayah, SDM lokal bisa kami berdayakan, caranya apa, kita tingkatkan kualitas generasi-generasi muda,” lanjutnya.


Pada wawancaranya, Safe’i Syafrie, S.H., M.H., menuturkan bahwa kuliah umum yang digelar di UIN STS Jambi adalah program edukasi Industri Hulu Migas, yang penting dilakukan untuk memberi pemahaman kepada para mahasiswa/i.


“Dengan adanya kuliah umum hari ini, ini kesempatan yang baik sekali bagi kita dan kita bersyukur bisa dengan teman-teman semua, bekerja sama dengan UIN memberikan pemahaman ke adik-adik mahasiswa dan mahasiswi supaya lebih mengerti, lebih memahami seperti apa Hulu Migas itu, jadi mereka diberikan pemahaman tentang bagaimana minyak diproduksi, bagaimana proses pengeboran, dan hal hal yang terkait di dalam Industri Migas ini sampai ke bidang-bidang pemberdayaan masyarakat, bidang-bidang sosial bahwa tidak hanya orang teknik yang bisa terjun di Industri Migas, tapi juga bidang ilmu sosial dan lain-lain.  Jadi semuanya punya kesempatan yang sama, mudah-mudahan ke depan semua bisa memahami ya,” paparnya.


Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN STS Jambi, Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.EI., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena UIN STS Jambi dipercaya dan dipilih sebagai tuan rumah kuliah umum SKK Migas - KKKS Jambi pada tahun 2023.


“Alhamdulillah dipilih menjadi tuan rumah untuk kuliah umum ini. Dengan harapan mahasiswa/i dapat teredukasi dengan baik terkait Industri Hulu Migas, mereka mengetahui apa saja potensi yang ada di Jambi, lokasinya dimana saja, dan apa saja yang sudah dilakukan oleh Perusahaan Migas kepada pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.


Pada sesi tanya jawab, para peserta Kuliah Umum “Hulu Migas Membangun Negeri” antusias memberi pertanyaan kepada para narasumber.  Tidak hanya itu, para narasumber dan perwakilan KKKS Jambi yang hadir pun memberikan pertanyaan berhadiah yang tentu menjadi rebutan untuk dijawab para peserta.


Kuliah Umum “Hulu Migas Membangun Negeri” turut diisi dengan beragam permainan edukasi berhadiah yang mampu menarik atmosfer keceriaan dan keberuntungan kepada ratusan peserta, mulai dari Sambung dan Lengkapi Pantun, Wheels of Name, Mengisi Link Survey Tercepat, Kursi Keberuntungan, dan Kahoot. 


Kuliah umum digelar oleh SKK Migas - KKKS Jambi dalam rangka melaksanakan fungsinya sebagai Penyelenggara Pengelola Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi dan merupakan salah satu program kerja SKK Migas - KKKS Wilayah Jambi dalam bidang pendidikan. Dimana pentingnya edukasi dan pengenalan mengenai industri hulu migas, guna pemahaman yang memadai mengenai industri dengan harapan dapat melancarkan kegiatan operasi hulu migas di seluruh daerah khususnya di Provinsi Jambi.


Dalam hal ini, SKK Migas - KKKS Wilayah Jambi memiliki peranan dalam upaya memberikan pemahaman serta pengenalan mengenai kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi kepada masyarakat termasuk kepada akademisi dan insan dunia pendidikan. Oleh karena itu, SKK Migas bersama KKKS di wilayah Jambi memberikan Kuliah Umum “Hulu Migas Membangun Negeri“

Posting Komentar

0 Komentar