Gelontorkan Anggaran Miliaran Rupiah, SKK Migas - PetroChina Resmikan Bangunan Gedung Asrama Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal

 



BumiSiginjai.com, Jambi - Pada Acara Tabligh Akbar Haul Sulthonul Aulia Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Qaddasallahu Sirrahul Aziz di Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Provinsi Jambi, yang digelar pada Rabu (25/10/2023), SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. hadir sekaligus meresmikan pembangunan Gedung Asrama Santri Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat.


Pembangunan gedung tersebut merupakan bantuan fasilitas pendidikan yang diberikan langsung oleh PetroChina Jabung melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di Kabupaten Tanjab Barat.  Bangunan Gedung Asrama Santri Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat ini merupakan bukti konkret kolaborasi yang erat antara SKK Migas - PetroChina dengan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Kabupaten Tanjab Barat. 


Bangunan ini didirikan tiga tingkat dengan total 12 kamar, dimana enam kamar terletak di lantai pertama dan enam kamar terletak di lantai kedua. Lantai ketiga difungsikan sebagai area rooftop yang dapat digunakan oleh para santri untuk berbagai kegiatan, seperti menjemur pakaian dan lainnya.


Pembangunan gedung dilakukan dengan memakan waktu kurang lebih enam bulan, yakni mulai Maret hingga September 2023, dengan menghabiskan dana sebesar Rp 2.550.000.000,- atau sekitar Rp 2,5 miliar yang dikerjakan melalui metode swakelola dari SKK Migas - PetroChina  bersama Dinas PUPR Kabupaten Tanjab Barat.


Peresmian gedung asrama ini dilakukan langsung oleh Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, didampingi oleh Gubernur Jambi Al Haris, Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat, Staf Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas SUMBAGSEL Darwensi, Government & Relations Superintendent PetroChina Jabung Lasno, serta disaksikan oleh tamu undangan lainnya. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti, kemudian dilanjutkan meninjau kamar serta area yang siap dihuni oleh para santri.


Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, mengatakan bahwa tujuan dari pemberian bantuan pembangunan gedung tersebut untuk meningkatkan kualitas akhlak generasi muda dengan memberikan kesempatan kepada para generasi  muda untuk bisa menekuni bidang-bidang agama dan sebagainya, terutama menjadi program prioritas dari Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat.


“Saya berharap dengan adanya fasilitas yang lebih baik memberikan  kesempatan bagi para santri untuk lebih bersemangat dan lebih serius dalam mewujudkan cita citanya,” ujarnya.


Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. atas pembangunan Gedung Asrama Santri Pondok Pesantren Al Baqiyatus Sholihat Kuala Tungkal melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) tahun 2023.


"Kami mengucapkan terima kasih Jazakamullah Khairan Katsir kepada PetroChina sehingga dengan adanya bantuan ini Pondok Pesantren Al Baqiyatus Sholihah semakin hari semakin maju," ujarnya.


Bupati Anwar Sadat menuturkan, dengan adanya fasilitas yang baik seperti ini, tentu artinya SKK Migas - PetroChina telah mendukung salah satu misi pemerintah daerah yaitu menyiapkan sumber daya manusia yang handal. 


"Seiring juga dengan bertumbuh kembangnya santri yang jumlahnya 2.000-an,  tentu kita mempersiapkan tempat belajar yang sesuai dengan dengan standar pendidikan," ungkapnya.


Anwar Sadat juga berharap dengan adanya bantuan nyata yang dilakukan oleh SKK Migas – PetroChina, dapat berimbas pada efektivitas kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren sehingga berjalan dengan maksimal dan nyaman.


Hadir dalam Acara Tabligh Akbar Haul Sulthonul Aulia Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Qaddasallahu Sirrahul Aziz di Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat, Kuala Tungkal, yang dikemas religius yakni Gubernur Jambi Al Haris, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto, Bupati Indragiri Hilir yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra SETDA Kabupaten Indragiri Hilir Tantawi Jauhari, unsur FORKOPIMDA Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah  Ketua DPRD, FORKOPIMDA dan Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, serta para ulama, tuan guru, dan ribuan umat muslim dari berbagai penjuru di Kabupaten Tanjab Barat dan sekitarnya. 


Dalam acara yang sama, selain meresmikan Gedung Asrama Santri Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat, SKK Migas - PetroChina juga menyerahkan bantuan rehabilitasi Taman Makam Pahlawan Satria Pengabuan senilai Rp 200.000.000,-. Bantuan ini diserahkan secara langsung kepada Bupati Tanjab Barat melalui Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) PetroChina International Jabung Ltd. 

Posting Komentar

0 Komentar