Tips Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Pasar Daring/Pasar Online

 



BumiSiginjai.com, Jambi - Modus penipuan tak memandang kapan dan bagaimana caranya. Bahkan dengan semakin berkembangnya teknologi semakin canggih pula ragam dan modus para pelaku dalam menjalankan aksi penipuannya.

Bahkan aksi penipuan tersebut, turut dilakukan para pelaku dengan modus memberikan hadiah yang menggiurkan dengan jumlah tertentu.

Menanggapi hal tersebut, Wadir binmas Polda Jambi, AKBP Yuyan priatmaja mengatakan dengan maraknya berbagai macam cara aksi penipuan ini, 

Mengingatkan kepada masyarakat agar lebih bijak dan berhati hati dalam bermedia sosial dan menggunakan pasar daring (marketplace).

"Iya, bagi masyarakat yang merasa menerima penawaran melalui via telepon maupun WhatsApp dan belum mengetahui kejelasannya agar jangan mudah terpengaruh, dan langsung menolak telepon atau WhatsApp tersebut "Ujarnya.

Adapun beberapa tips yang harus dilakukan masyarakat agar indentitas Tidak mudah tersebar di jejaring sosial, diantaranya:, 

1. Jangan menunjukan indentitas pribadi di media sosial (KTP, Paspor dll).

2. Jangan menyebar nomor telepon pribadi di media sosial

3. Jangan mudah terpengaruh iming-iming hadiah dengan nominal tertentu yang diberikan.

4. Hidari memberikan informasi anggota keluarga atau indentitas pribadi bila menerima telpon tidak dikenal.

5. Jangan Mengirim nomor rekening ke orang tidak dikenal.

6. Bila dikirim link maupun file .apk melalui jejaring sosial untuk lebih berhati-hati dan tidak mengklik link tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar