PetroChina Lanjutkan Dukungan Program Pengentasan Stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

 



BumiSiginjai.Com, Jambi– Untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat, PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) terus berkomitmen dan melanjutkan dukungannya dalam bidang kesehatan, dalam hal ini yakni dengan kembali mendukung program pengentasan stunting.


Dukungan PetroChina ini dinyatakan dengan adanya Penandatangan Kerja Sama (PKS) antara PetroChina bersama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) dalam hal ini yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada Senin (18/9/23).


Secara seremonial, penandatanganan PKS tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Provinsi Jambi, dihadiri oleh Act. Communication Manager PetroChina Jabung, Afdal, Government and Relations Superintendent PetroChina Jabung, Saipul, Acting Community Development, M Yusuf, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, H. Agus Sanusi, KABAG Kerja Sama SETDA  Tanjung Jabung Barat, Fuziah, KABAG Hukum SETDA Tanjung Jabung Barat, Agus Sumantri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, H. Dahlan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, H. Muhammad Yunus, Staf Ahli, para Asisten, seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan para tamu undangan.


PetroChina dalam Perjanjian Kerja Sama kali ini kembali berkomitmen membantu Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tanjab Barat. Diketahui, bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, PetroChina telah membuktikan komitmennya dalam penurunan angka stunting, dengan memberikan bantuan berupa alat pengukur stunting atau Antropometri Kit, bantuan makanan sehat dan bergizi, hingga sosialisasi dan pelatihan kepada para kader posyandu di Kabupaten Tanjab Barat.


Berkat komitmen PetroChina tersebut, Kabupaten Tanjab Barat diketahui meraih penghargaan sebagai kabupaten terbaik peringkat 1 se-Provinsi Jambi pada penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2022. Selain itu, penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjab Barat pada 2022 berhasil di angka 9,9 persen, lebih rendah dari angka nasional.


Meski demikian, saat ini penurunan angka stunting di tingkat nasional maupun di tingkat  kabupaten masih menjadi fokus pemerintah. Sehingga dalam upaya untuk memerangi masalah stunting, PetroChina sebagai perusahaan minyak dan gas ternama di Indonesia memiliki tanggung jawab terhadap Wilayah Operasi Kerja (WOK) di Kabupaten Tanjab Barat untuk bersama-sama pemerintah memerangi stunting.


Fokus utama program pengentasan stunting kali ini yakni di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat. PetroChina dengan ini menyepakati perjanjian kerja sama yang bertujuan mempercepat penurunan tingkat stunting di wilayah tersebut, dengan memberikan bantuan materi senilai Rp 200.000.000,-.


Bantuan tersebut dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB). Berikut adalah rincian kegiatan yang dilaksanakan dalam kerangka perjanjian:


1. Fasilitasi Kegiatan Sosialisasi HPK (Hari Pertama Kehidupan) dan Demo Masak Makanan Bergizi di Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Kegiatan ini dilakukan di 11 Desa/Kelurahan yang berada di Wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Betara.


2. Orientasi Program GenREAKSI (Generasi Berencana Akselerasi Konvergensi Stunting), hal ini dilakukan sebagai salah satu aspek penting dalam upaya penurunan stunting adalah pendewasaan usia perkawinan anak/remaja. 


3. Bantuan Pengadaan Alat dan Teknologi Tepat Guna (ATTG) dan Biaya Operasional Demo Masak Gizi Seimbang. Hal ini diharap dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh tim DASHAT.


Act. Communication Manager PetroChina Jabung, Afdal, mengatakan bahwa program ini merupakan program dukungan dari PetroChina dan program komitmen PetroChina kepada pemerintah maupun kepada masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang merupakan wilayah operasional PetroChina Jabung.


“Kami berharap program yang kita lakukan ini benar-benar bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar," ujarnya.


Afdal menyebutkan program penanganan stunting ini diharap dapat selesai tepat waktu agar selanjutnya memulai pembicaraan atau membahas program-program CSR yang akan dilakukan untuk tahun berikutnya.


“Insya Allah nanti, untuk tahun depan kita akan anggarkan kembali untuk program-program ini maupun program-program lainnya,” ungkapnya.


Selain itu, Afdal, mengatakan bahwa PetroChina turut berkomitmen serta bertanggung jawab dalam mendukung pembangunan kesehatan berkelanjutan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


“Kita juga akan membantu masyarakat untuk program penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.


“Harapannya penandatangan pekerjaan kerja sama ini tidak hanya sebatas tahun ini, namun tahun depan dan tahun-tahun berikutnya dapat lebih ditingkatkan,” lanjutnya.


Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, H. Agus Sanusi, menuturkan bahwa  kegiatan PKS ini diharap dapat diaksanakan dengan baik dan sukses, sehingga bisa mengubah penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


“Penurunan angka stunting di Tanjab Barat, dapat kita tekan dan sesuai dengan rencana kita dari 9,9 angka stunting saat ini hingga di tahun depan itu bisa menjadi di bawah 5,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar