PetroChina Bersama BPBD Kabupaten Tanjab Timur Bentuk DESTANA Guna Membangun Komunitas Tangguh dan Siap Hadapi Tantangan Bencana

 



BumiSiginjai.com, Jambi - PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) secara resmi telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk melaksanakan kegiatan pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) tahun 2023.


Secara seremonial, acara penandatanganan PKS tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur Provinsi Jambi, pada Selasa (19/9/2023).


Hadir dalam kesempatan penandatanganan PKS tersebut yakni oleh Act. Communication Manager PetroChina Jabung, Afdal, Government and Relations Superintendent PetroChina Jabung, Saipul, Act. Community Development Supervisor, M. Yusuf, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur, M. Eduard, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjab Timur, Helmi Agustinus, dan para tamu undangan.


Perjanjian PKS ini dilakukan, bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan ketahanan masyarakat serta lingkungan terhadap berbagai risiko bencana yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Tanjab Timur. Dalam hal ini, PetroChina berkomitmen untuk mendukung program DESTANA tersebut.


“Ini adalah program tahunan dan bantuan ini kita berikan, kita tunjukkan karena memang kita sama-sama berada di Tanjung Jabung timur. Dan kita berharap warga sekitar bisa peduli tentang kebencanaan dan juga bisa siap apabila memang menghadapi hal-hal bencana ini,” ujar Act. Communication Manager PetroChina Jabung, Afdal.


Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjab Timur, Helmi Agustinus, menyebutkan bahwa DESTANA adalah langkah strategis dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana alam maupun buatan. Dengan dukungan PetroChina, ia yakin program ini akan sukses.


“Kerja sama ini mencerminkan komitmen bersama PetroChina International Jabung Ltd. dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam membangun komunitas yang tangguh dan siap menghadapi tantangan bencana di masa depan,” ungkapnya.


Helmi berharap kegiatan ini dapat segera dilaksanakan dalam tahun 2023 ini dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang mungkin terkena dampak banjir dan bencana lainnya.


PetroChina dalam hal ini berkomitmen dan dipercaya untuk terus mendukung berbagai upaya kemanusiaan dan kesiapsiagaan bencana di wilayah kerjanya. Melalui kerja sama ini, PetroChina telah membuktikan bahwa komitmen ini sebagai tindakan nyata yang akan membantu, melindungi, dan mendukung masyarakat yang berada dalam risiko bencana di Kabupaten Tanjab Timur.


Sebagai informasi, pada tahun 2022 lalu PetroChina juga telah memberikan dukungan pada gelaran Jambore Relawan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) bersama BPBD Provinsi Jambi, BPBD Kabupaten Tanjab Timur, dan BMKG Jambi. PetroChina dalam hal ini turut membantu menyosialisasikan dan memberikan pelatihan pada kegiatan berbasis kebencanaan yang diikuti oleh 100 orang peserta dari 4 kecamatan di wilayah Kabupaten TanjabTimur. 

Posting Komentar

0 Komentar