Melalui Seminar dan Expo Pendidikan, PetroChina Peroleh Penghargaan dari PEMKAB Tanjung Jabung Barat Atas Kontribusi Peningkatan Literasi

 



BumiSiginjai.com, Jambi - PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL), hadir dan berkontribusi dalam kegiatan Seminar Pendidikan Nasional dan Expo Pendidikan dengan tema “Sinergitas dan Percepatan untuk Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi antara Filantropi, Dunia Usaha dan Pemerintahan” di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Provinsi Jambi, pada Selasa (29/8/2023).


Seminar dan Expo Pendidikan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat ini, dihadiri oleh Government and Relations Superintendent PetroChina Jabung, Saipul, Government and Relations Advisor PetroChina Jabung, Ahmad Ramadlan, dan CSR Specialist PetroChina Jabung, M. Yuda Ramdani.


Hadir pada kegiatan ini pula yakni Asisten II Perekonomian & Pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ir. H. Firdaus Khatab, MM, Kepala BAPPEDA Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Katamso, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Tanjung Jabung  Barat, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rahman Sayuti, seluruh Camat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang DAS, Triono, serta para peserta yang terdiri dari OPD, guru dan kepala sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTS, guru penggerak, Fasilitator Daerah (FASDA), perwakilan organisasi masyarakat sipil, dan para peserta  seminar dan expo pendidikan serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Ketua Pelaksana Seminar Pendidikan Nasional dan Expo Pendidikan, Herman, mengatakan bahwa kegiatan seminar ini digelar dengan tujuan agar para peserta memahami pentingnya kemampuan literasi dan numerasi  untuk peningkatan kualitas Pendidikan.  Selain itu, para peserta dapat mendukung dan terlibat dalam proses perencanaan  dan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, serta para peserta dapat memberikan  suatu kenaikan  angka literasi dan numerasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 


Dalam acara tersebut, atas dedikasi dan kerja sama yang baik, PetroChina International Jabung Ltd. meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bupati Anwar Sadat, berkat kontribusiatas peran aktif Perusahaan dalam peningkatan kualitas Pendidikan di daerah.  Penghargaan ini diberikan kepada PetroChina atas implementasi peningkatan dalam bidang pendidikan melalui program CSR diantaranya meliputi, program literasi bekisah, penumbuhan minat baca dan bertutur, hingga penyediaan mobil perpustakaan keliling.


Selain itu, PetroChina meraih penghargaan atas terlaksananya kegiatan literasi, seperti pelatihan dan lomba mendongeng, melahirkan satu komunitas yakni Sanggar Bekisah (Belajar Kreatif di Luar  Sekolah), mendongeng, tari, membaca, distribusi buku bacaan.


Tidak hanya itu, penghargaan juga diberikan atas terealisasinya program beasiswa pendidikan bagi generasi muda, bantuan perlengkapan perpustakaan, renovasi PAUD, pembangunan ruang kelas baru, pembangunan laboratorium sekolah, pembangunan asrama santri, dan pembangunan aula/barak pondok pesantren.


Government & Relations Superintendent PetroChina Jabung, Saipul, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Ia menyampaikan bahwa tentunya dengan penghargaan yang diberikan menjadi motivasi bagi PetroChina International Jabung Ltd. untuk terus memberikan yang terbaik demi mendukung program-program pemerintah daerah dalam hal ini adalah di bidang literasi.


"Kami akan terus selalu komitmen dalam upaya pengembangan dan mendukung program-program pemerintah, dalam hal ini juga tentunya tentang meningkatkan pendidikan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan harapan kami ke depannya dengan adanya kegiatan seperti ini sehingga dapat meningkatkan minat literasi dan numerasi," ujarnya.

 

Selain itu, Saipul, juga mengatakan bahwa PetroChina selalu berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah, dengan inovasi program-program guna meningkatkan pendidikan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 


“Alhamdulilah, hari ini kami dari PetroChina International Jabung, bisa hadir dan diminta untuk menjadi pemateri di kegiatan seminar dan expo pendidikan.  Ini merupakan bentuk usaha dan upaya bersama kita, agar kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat bisa lebih baik," ujarnya.


“Harapan kami nanti ke depan, setelah acara ini kita akan lebih mantap nanti kolaborasinya dengan pemerintah daerah  dengan rekan-rekan swasta lainnya, sehingga kita bisa bersama-sama bergerak untuk meningkatkan literasi  dan numerasi di  Tanjung Jabung Barat,” ungkapnya.


“Program-program yang dilahirkan ini merupakan rekomendasi dari pemerintah daerah yang  sudah melewati pertimbangan-pertimbangan yang matang dari pemerintah  dan mudah-mudahan itu adalah program yang  tepat dan baik untuk dilaksanakan,” lanjutnya.


Asisten II Perekonomian & Pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, Firdaus Khatab, pada kesempatan ini menyampaikan sambutan dari Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat yang mengatakan bahwa salah satu ciri bangsa maju adalah bangsa yang memiliki tingkat kecerdasan  dan sumber daya manusia yang berkualitas. 


“Literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka dan diharapkan Bapak/Ibu dapat mentransfer informasi ilmunya kepada rekan-rekan dan anak didik Bapak/Ibu sekalian,” ujarnya.


“Harapan saya kepada peserta mengikuti acara seminar ini secara aktif dengan baik sehingga mencapai sasaran, diantaranya dunia usaha secara strategis  memberikan secara spesifik dukungan  kegiatan literasi dan numerasi dalam bentuk CSR,” lanjutnya.


Seminar Pendidikan Nasional dan Expo Pendidikan ini diisi dengan pemaparan materi edukasi dari beberapa narasumber. 


Sebagai narasumber Seminar Pendidikan Nasional dan Expo Pendidikan, mewakili PetroChina International Jabung  Ltd., CSR Specialist PetroChina Jabung, M. Yuda Ramdani menyampaikan materi berkaitan Kegiatan CSR untuk Dukungan Literasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.  Dalam seminar ini, PetroChina Jabung tidak hanya menyampaikan presentasi tentang praktik pelaksanaan program CSR literasi, melainkan ada pula penampilan mendongeng dan tarian kopi Liberika dari Sanggar Bekisah binaan CSR PetroChina.


“Salah satu komitmen dari perusahaan migas, PetroChina memberikan kontribusi yang maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di bidang pendidikan dengan meningkatkan fasilitas guru, beasiswa, kegiatan literasi, terdapat juga fasilitas-fasilitas pembangunan pendidikan seperti ruang kelas baru, laboraturium sekolah, dll,” ujar M. Yuda Ramdani.


Dalam kegiatan Seminar Pendidikan Nasional dan Expo Pendidikan ini, sebagai narasumber lainnya yakni Kepala BAPPEDA Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Katamso, menyampaikan materi terkait Literasi dan Numerasi dalam Perencanaan Nasional dan Daerah.  Narasumber lainnya yakni dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Triono, menyampaikan materi terkait Literasi dan Numerasi dalam Nilai Rapor Pendidikan Tahun 2023. Kemudian narasumber lainnya yakni dari Tonato Foundation, Medi Yusva, menyampaikan materi tentang Literasi dan Numerasi Tanjung Jabung Barat "Fakta dan Rekomendasi Perbaikan". 


Kepala BAPPEDA Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Katamso, mengatakan bahwa kegiatan Seminar Pendidikan Nasional dan Expo Pendidikan ini merupakan Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, PetroChina International Jabung Ltd., dan beberapa perusahaan lain, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


"Kegiatan kita ini bertujuan agar tingkat literasi dan numerasi pendidikan kita terus meningkat.  Dengan cara terus mensosialisasikan pentingnya literasi untuk masa depan pendidikan yang baik.  Ketika literasi dan numerasi meningkat, ini juga akan berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan kualitas pendidikan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.


"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak PetroChina International Jabung Ltd., dimana hari ini bersama-sama membantu kami dalam peningkatan kualitas pendidikan," lanjutnya.


Salah seorang penerima manfaat program literasi dan numerasi dari PetroChina Jabung, Diana Fitri, mengungkapkan bahwa PetroChina memberikan fasilitas untuk membuat sebuah sanggar yang disebut dengan Sanggar Bekisah belajar kreatif di luar sekolah.  


"Tidak hanya untuk di sanggar saya di desa, tetapi untuk juga di sekolah.  Jadi ada kalanya PetroChina datang ke sekolah membawa mobil-mobil yang  berwarna pink tadi, jadi anak-anak membaca melalui buku-buku yang disediakan di mobil tersebut," ungkap Diana Fitri.


“Saya berharap bahwa anak-anak bimbingan saya di forum, di sanggar, dan anak-anak di sekolah saya mempunyai peningkatan di bidang literasi dan numerasi,  sehingga kualitas  dan kemampuan literasi dan numerasi siswa dan anak-anak di desa saya bisa mencapai  angka yang maksimal sesuai yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” lanjutnya.


Selain itu, salah seorang penerima manfaat program literasi dan numerasi dari PetroChina bernama Yani Nurmayani menuturkan rasa syukurnya atas bantuan yang ia terima.


“Alhamdulillah kebetulan kami sendiri diberi apa ya, namanya diberi manfaat yang sangat besar ya.  Karena kami didirikan Sanggar Bekisah di tempat kami tepatnya Dusun Sungai Haji, Desa Sungai Terap," ungkapnya.


“Terus maju, terus mendukung, apalagi untuk kita ya di bidang literasi dan yang paling penting jangan berhenti untuk tetap maju bersama-sama, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk PetroChina untuk dukungannya terhadap kami,” lanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar