PetroChina Jabung Gelar Kegiatan Family Health Talk “Deteksi Dini Penyakit Jantung dengan Sadari Risiko”

 



Bumisiginjai.com, Jambi -  PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam Kebun Jeruk Jakarta menggelar kegiatan Family Health Talk dengan tema “Deteksi Dini Penyakit Jantung dengan Sadar Risiko”,  bertempat di Hotel BW Luxury, Kota Jambi, Sabtu (12/8/2023).


Kegiatan Family Health Talk yang digelar secara offline dan online via zoom meeting ini dihadiri secara langsung oleh Field Manager PetroChina International Jabung Ltd., Rudy Hermawan, diikuti oleh sejumlah karyawan PetroChina Jabung beserta keluarga. 


Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan sosialisasi tentang deteksi dini penyakit jantung dengan meningkatkan kesadaran akan risiko-risiko yang terkait. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para karyawan dan keluarga karyawan PetroChina, tentang pentingnya pencegahan dan deteksi dini penyakit jantung.


Field Manager PetroChina Jabung, Rudy Hermawan, mengatakan bahwa kegiatan Family Health Talk ini digelar sebagai bentuk sosialisasi dan menambah wawasan kepada para karyawan dan keluarganya. Hal ini dilakukan, karena berdasarkan hasil screening pemeriksaaan kesehatan kepada karyawan, terdapat sekitar 4,1 persen karyawan yang sudah terindikasi memiliki permasalahan jantung.


“Terdapat sekitar 4,1 persen atau sebanyak 16 karyawan terindikasi memiliki permasalahan jantung. Maka dari itu, pihak manajemen PetroChina melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengfollow up hasil temuan tersebut, dengan memberikan edukasi dan memberikan kesempatan untuk keluarga karyawan, untuk bisa lebih mengetahui tentang bagaimana bahayanya penyakit jantung ini, dengan sadari risiko sejak dini dan bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan kesehatan jantung terkait dengan gaya hidup kita,” ujarnya.


“Kita berharap dengan adanya pencerahan wawasan ini bisa memberikan pengetahuan yang positif untuk mereka para karyawan dan keluarga, supaya bisa memulai sadar dini terhadap penyakit jantung mulai dari merubah gaya hidup seperti lebih rajin berolahraga dan mengurangi makanan-makanan yang memang tidak dianjurkan, ya demi kesehatan jantung,” lanjutnya.


Sementara itu, HSE Superintendent PetroChina International Jabung Ltd., dr. Frans Henny, M.K.K., mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja mengajak keluarga agar menjadi support system utama para kepala keluarganya dalam menjaga kesehatan jantung.


“Jadi kita mengajak supaya keluarga di rumah ikut memperhatikan kesehatan bagi para pencari nafkahnya, dalam hal ini mungkin bapak atau ibu yang bekerja di PetroChina.  Jadi fokus kita adalah kita membantu mengedukasi keluarga dari pekerja, supaya mendukung produktivitas dari para suami atau istri yang bekerja di PetroChina,” ujar dr. Frans Henny.


Bintang utama yang menjadi narasumber dalam Kegiatan Family Health Talk ini adalah dr. Leonardo Paskah Suciadi, SpJP, FIHA, FAPSC, FESC. Ia merupakan dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Rumah Sakit Siloam Kebun Jeruk Jakarta.


Dalam pemaparannya, dr. Leonardo Paskah Suciadi, menyampaikan tentang cara deteksi penyakit jantung dengan faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi dan juga faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Selain itu, ia juga menyampaikan terkait trik dan langkah-langkah menuju jantung sehat.


“Kematian pada masyarakat perkotaan yang disebabkan oleh penyakit jantung kritis terkait dengan jantung dan pembuluh darah pada tahun 2016 mencapai 7,7 juta jiwa atau sekitar 32,26 persen total kematian di dunia,” ungkapnya dalam pemaparan materi.


“Untuk pencegahan sejak dini, gaya hidup sehat sebagai pencegahan risiko penyakit kritis seperti jantung itu diantaranya seperti aktivitas kebugaran, pengecekan kesehatan secara rutin, konsumsi makanan sehat dan air putih, pengukuran badan secara teratur, relaksasi dan spa dan gaya hidup aktif,” ujarnya.


Lebih lanjut, dr. Leonardo Paskah Suciadi, menyebutkan beberapa langkah untuk menuju jantung sehat, diantaranya yakni pengaturan diet sehat, banyak gerak dan olahraga rutin, stop dan hindari rokok, batasi alkohol, turunkan berat badan pada obesitas, deteksi dan atasi faktor risiko seperti hipertensi, diabetes, kolestrol, serta sleep apnea dan depresi.


Kegiatan Family Health Talk ini juga memberikan kesempatan sesi tanya jawab. Para peserta yang hadir secara offline dan online tampak antusias melontarkan pertanyaan kepada narasumber tentang sepurat penyakit dan permasalahan jantung.


Selanjutnya, kegiatan juga dimeriahkan dengan pengundian hadiah kepada penanya terbaik dan juga pemberian hadiah dooorprize kepada para peserta yang hadir secara offline. 

Posting Komentar

0 Komentar