Peduli Pengembangan Masyarakat, PetroChina Kembali Gelar Pelatihan POKDARWIS

  



DuoAngso.com, Kuala Tungkal - SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd. melalui program pengembangan masyarakat, tidak henti-hentinya untuk terus peduli terhadap masyarakat yang berada di wilayah operasi kerjanya.


Terbaru, pada Kamis (4/5/2023), PetroChina menfasilitasi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dengan menggelar kegiatan pelatihan POKDARWIS Pangkal Babu di Desa Tungkal Satu, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, bertempat di bangunan serbaguna yang berada di Ekowisata Hutan Mangrove.  Tujuan digelarnnya pelatihan ini, yakni untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para pemuda yang tergabung dalam POKDARWIS Tungkal Satu Ekowisata Hutan Mangrove Pangkal Babu.


Hadir langsung dalam kegiatan pelatihan, yakni manajemen PetroChina yang diwakili oleh Govrel Advisor PetroChina International Jabung Ltd., Ahmad Ramadlan, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamaluddin, Perwakilan Kepala Desa Tungkal Satu, para mahasiswa PKL dari Universitas Jambi, dan para tokoh pemuda peserta pelatihan POKDARWIS.


Govrel Advisor PetroChina International Jabung Ltd., Ahmad Ramadlan, mengatakan bahwa PetroChina sangat mendukung kegiatan positif yang ada di lingkungan masyarakat, terutama kegiatan pengembangan masyarakat dalam bidang pariwisata.


"PetroChina memberikan perhatian khusus kepada pengembangan pariwisata Pangkal Babu dengan mengadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi POKDARWIS Tungkal Satu sebagai pengelola kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Pangkal Babu," ujarnya.


Ahmad Ramadlan menyampaikan, selain pelatihan dan pendampingan, dalam program ini juga disiapkan atraksi wisata dan fasilitas penunjang wisata untuk kuliner. Sebelumnya, PetroChina telah merevitalisasi akses jalan menuju daerah Wisata Pangkal Babu serta merenovasi jerambah  kayu akses masuk di Ekowisata Hutan Mangrove.


"Kami berharap  kelompok sadar wisata untuk dapat terus meningkatkan kualitas Pariwisata Pangkal Babu. Kita harus bisa mempertahankan, merawat, dan promosi harus lebih ditingkatkan. Selain itu, kita berharap agar kelompok wisata dapat belajar dan menyerap ilmu pelatihan kepariwisataan ini dengan baik," ujarnya.


Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamaluddin, mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh PetroChina International Jabung Ltd. kali ini. 


Kamaluddin menyebutkan bahwa POKDARWIS merupakan kelompok masyarakat yang memiliki beberapa anggota terdiri dari pelaku kepariwisataan yang harus bertanggung jawab dan berempati serta memiliki peran sebagai penggerak dalam mendukung berkembangnya kepariwisataan dan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. 


"Peran masyarakat dalam mengembangkan pariwisata sangat penting.  Karena itu bukan hanya POKDARWIS yang akan mendapat manfaat, namun juga masyarakat sekitar daerah itu sendiri. Dengan dilaksanakannya pelatihan, diharap dapat menerapkan fungsi dan peran POKDARWIS dalam mengembangkan destinasi pariwisata di daerah Ekowisata Pangkal Babu ini," ujarnya.


Pada kesempatan ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga mengapresiasi PetroChina International Jabung Ltd. yang terus peduli dan mau membantu masyarakat yang berada di wilayah operasi kerjanya.


"Kami sangat bersyukur dan mengapresiasi adanya perhatian dari PetroChina ini.  Dengan ini tentu bisa menjadi peningkatan ekonomi masyarakat di bidang pariwisata," ungkap Kamaluddin. 


Pelatihan POKDARWIS dilakukan dengan penyampaian materi dari akademisi kampus Universitas Jambi dan perwakilan dari DISPARPORA. Para pemateri menyampaikan paparan terkait dengan masalah promosi dan perlindungan hingga perawatan wisata. 


Ketua POKDARWIS Ekowisata Pangkal Babu Tungkal Satu, Hatta Saprian, pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada PetroChina International Jabung Ltd.


Ia menyebutkan atas keberadaan infrastruktur jalan yang dibangun oleh PetroChina, saat moment Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi, kunjungan wisatawan di Hutan Mangrove mencapai ratusan orang setiap harinya.


"Dengan dibangunnya akses jalan menuju Hutan Mangrove, tidak hanya mempermudah kami sebagai warga lokal, tetapi saat momen lebaran 1 minggu itu, rata-rata kunjungan 600 orang per harinya," ungkapnya.


"Untuk kebersihan sekarang setiap hari kita gantian, untuk pagi biasanya bersihin tracking dari daun-daun dan sorenya membersihkan dari sampah plastic.  Ke depan kelengkapan seperti tong sampah dan lain sebagainya akan segera kami siapkan. Harapan kami, semoga Hutan Mangrove Pangkal Babu jaya dan semakin maju ke depannya," Hatta menambahkan.

Posting Komentar

0 Komentar