Peduli Kesehatan dan Keselamatan Pekerja, PetroChina Jabung Gelar Kegiatan Donor Darah

  



DuoAngso.com, Jambi - PetroChina International Jabung Ltd. bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH. Daud Arif Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kembali menggelar kegiatan donor darah. 


Kegiatan donor darah terbaru dilaksanakan di Base Camp PetroChina Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kamis (2/3/2023). Para karyawan dan pihak manajemen PetroChina terlihat antusias dan sukarela mendonorkan darahnya. Kegiatan donor darah dilaksanakan sejak pukul 09.00 - 14.00 WIB, bertempat di ruang Aula Base Camp Geragai.


Salah seorang karyawan yakni Posma Sibarani, selaku Planning Supervisor PetroChina mengatakan bahwa dirinya rutin mengikuti kegiatan donor darah yang digelar pihak manajemen PetroChina.


“Saya sudah yang ke-5 kali melakukan donor darah disini. Harapan saya dengan adanya donor darah ini kita bisa membantu orang yang membutuhkan. Karena darah itu sangat vital, ketika ada orang membutuhkan stok tidak ada itu sulit,  tapi mudah-mudahan darah yang kami donorkan ini bisa bermanfaat untuk kesehatan yang membutuhkan,” ungkapnya.


Ia juga mengajak seluruh karyawan yang belum berkesempatan mendonorkan darah, agar segera mendonorkan darahnya, karena menurutnya donor darah dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya untuk membantu merangsang produksi sel-sel darah yang baru. Selain itu, proses mendonorkan darah  akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.


“Tidak perlu khawatir, tidak perlu cemas atau takut untuk donor darah. Karena justru baik buat kesehatan karena terjadi sirkulasi darah yang lancar, itu menurut info dari kedokteran, ya!.  Jadi buat teman-teman yang belum mendapat kesempatan, di lain waktu bisa ikut mendonorkan darahnya,” imbuhnya.


Berdasarkan pantauan tim sekitarjambi.com di lapangan, kegiatan donor darah berlangsung lancar, diikuti sekitar 75 karyawan dengan total darah sebanyak 70 kantong.


“Alhamdulillah hari ini banyak yang tidak gagal mendonorkan darah karena kondisi kesehatannya sudah dicek dan hasilnya bagus, HB nya juga sangat bagus,” ungkap dr. Refy Nur Ochtarina selaku Manager Kualitas UTD PMI Kota Jambi.


“Kita bekerja sama dengan rumah sakit umum dan swasta di Provinsi jambi, jadi nanti kantong darah ini akan kita distribusikan ke rumah sakit tergantung dengan jumlah permintaan dan jenis golongan darah pasien yang membutuhkan,” terangnya.


Disampaikan oleh Medical Officer PetroChina, dr. William Aditya, bahwa  kegiatan donor darah ini kembali dimulai pada Agustus 2022, kemudian digencarkan kembali di tahun 2023, karena dua tahun lalu sempat terhenti akibat terkendala pandemi COVID-19.


“Donor darah hari ini dikhususkan untuk para karyawan PetroChina dan kontraktor yang bekerja di PetroChina,” ujar dr. William.


dr. William juga mengatakan, diawal tahun 2023 ini, PetroChina telah melakukan 2 batch kegiatan donor darah, bekerja sama dengan PMI dan RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal, berlokasi di Base Camp BGP PetroChina Tanjung Jabung Barat dan Base Camp Geragai PetroChina Tanjung jabung Timur.


“Dimulai batch 1 pada tanggal 11 Februari, kita sudah laksanakan donor darah di area BGP dan Geragai. Di Geragai bekerja sama dengan PMI, memperoleh 101 kantong darah dan di BGP bekerjasama dengan RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal, memperoleh 88 kantong darah. Lalu batch 2 hanya bekerjasama dengan PMI, area BGP dilaksanakan pada 25 Februari, memperoleh 68 kantong darah, dan area Geragai dilaksanakan pada 2 Maret, memperoleh 70 kantong darah” jelasnya.


“Mudah-mudahan dengan kegiatan donor darah ini kita bisa membantu program PMI dan dapat bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.


Sementara itu, HSE Superintendent PetroChina Jabung, Andi Gustawan, bahwa pihaknya tahun ini sudah merencanakan akan menggelar  kegiatan donor darah sebanyak 8 batch.


“Rencananya di tahun ini kita akan melakukan 8 kegiatan, jadi ada 4 kegiatan di Geragai area dan 4 kegiatan BGP area,” ujarnya.


Andi juga menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini masih termasuk dalam rangkaian kegiatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dimana PetroChina berkomitmen untuk terus meingkatkan performa keselamatan dan kesehatan kerja karyawan.


“Jadi kita selalu introspeksi diri bahwa K3 itu ternyata harus terus dilakukan perbaikan-perbaikan. Walaupun sebenarnya standar yang kita lakukan sudah cukup baik dengan beberapa bukti sertifikat ISO yang sudah kita raih,” terangnya.


Selanjutnya, Field Manager PetroChina Jabung, I Wayan Suandana, memberikan apresiasi kepada para karyawan yang telah mendonorkan darah.


“Karena saat ini masih pos pandemi, maka partisipasi masih bisa dibilang belum mencukupi saat ini. Ke depannya kita akan programkan 8 kali kegiatan donor darah. Untuk semester kedua nanti ada empat kali kegiatan, sehingga disitu nanti coba kita sampaikan lagi ke karyawan untuk bisa berpartisipasi lebih banyak lagi,” ujarnya. 

Posting Komentar

0 Komentar