PetroChina Konsisten Gaungkan SENI: Sinergi Membangun Negeri




DuoAngso.com, Jambi -- “Industri hulu migas tidak hanya fokus pada keuntungan perusahaan, tetapi juga peduli pada kehidupan sosial masyarakat,” itulah salah satu kutipan kalimat edukasi yang disampaikan pada berbagai kegiatan sosialisasi dan kuliah umum, yang digaungkan oleh PetroChina International Jabung Ltd.


Secara konsisten di berbagai kegiatan yang diikuti, PetroChina International Jabung Ltd. menjadi salah satu perusahaan di bawah pengawasan SKK Migas, yang terus menyampaikan bentuk kepedulian kepada lingkungan wilayah operasi, melalui berbagai Program Pengembangan Masyarakat (PPM).   Salah satunya yang dikemukakan pada gelaran HUT ke-66 Provinsi Jambi, tepatnya pada Jambi Mantap Expo 2023.


Dalam sosialisasinya kepada sejumlah mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA), Kamis (5/1/2023), bertatap muka untuk menyampaikan kegiatan hulu migas, dihadiri oleh Kepala Departemen Humas SKK Migas SUMBAGSEL, Andi Arie Pangeran, Public Relations Superintendent PetroChina International Jabung Ltd., Afdal, CSR Specialist PetroChina International Jabung Ltd., M. Yuda Ramdani, dan sejumlah perwakilan pimpinan dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya yang berada di wilayah operasi kerja Provinsi Jambi.


Sosialisasi yang dimulai sekira pukul 14.00 WIB dilaksanakan di booth/stand gelaran Jambi Mantap Expo 2023, disampaikan oleh CSR Specialist PetroChina International Jabung Ltd., M. Yuda Ramdani, dengan pemaparan “SENI: Sinergi Membangun Negeri”.


“PetroChina merupakan salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama yang memproduksi minyak dan gas di wilayah operasi kerja Provinsi Jambi tepatnya itu ada dua blok, yang pertama blok Jabung dan yang kedua blok Bangko. Untuk tenaga kerjanya, meski PetroChina merupakan perusahaan asal Beijing, saat ini untuk tenaga kerja di wilayah operasi kerja Provinsi Jambi, sekitar  80 persen memakai tenaga kerja lokal,” ungkap Yuda.


Yuda juga mengedukasi para mahasiswa agar lebih mengenal terkait kegiatan, instrument, dan program-program hulu migas.  Selain itu, Yuda menjelaskan tentang kontribusi PetroChina yang telah diberikan kepada daerah maupun negara.


“Seperti produk-produk yang saat ini kita pamerkan di booth ini, merupakan produk-produk unggulan dari mitra binaan kita dalam program CSR,” ujarnya.


“Mudah-mudahan masyarakat, lebih utamanya generasi muda bisa lebih mengenal dan support terkait kegiatan operasional untuk mencapai target produksi migas nasional,” tambahnya.


Kepala Departemen Humas SKK Migas SUMBAGSEL, Andi Arie Pangeran, pada kesempatan tersebut mengatakan, SKK Migas - KKKS dalam gelaran expo sekaligus mengundang para mahasiswa dan sivitas akademika perguruan tinggi yang ada di Kota Jambi, tujuannya yakni untuk menyampaikan update terkini mengenai industri hulu migas.


“Tidak hanya mahasiswa dan sivitas akademika, para masyarakat pengunjung expo juga terlihat antusias turut menyaksikan sosialisasi yang disampaikan oleh KKKS. Tujuannya supaya mereka tau juga bahwasanya kegiatan hulu migas ini merupakan kegiatan kita semua dan negara untuk kepentingan umum.  Tentunya perlu dukungan dari berbagai elemen masyarakat yang ada di daerah operasi wilayah kerja,” ujarnya.


“Kita yakin dengan kegiatan hulu migas yang lancar, selain juga memberikan dampak UMKM, kemudian juga pendapatan bagi daerah, tentunya juga dapat dijadikan sebagai wujud keberhasilan bagi kita semua,” tambahnya.


Salah seorang mahasiswa, Novi, mengucapkan terima aksih atas edukasi yang telah disampaikan oleh SKK Migas - KKKS PetroChina International Jabung Ltd.


“Terima kasih kepada PetroChina, sebelumnya yang kami tahu PetroChina hanya tentang perusahaan eksploitasi dan produksi migas, tetapi sekarang akhirnya kami mengetahui terkait program-program manfaat yang diberikan oleh PetroChina kepada masyarakat yang tentunya sangat berdampak positif,” ungkapnya. 


Sebelumnya pada gelaran Kuliah Umum “Hulu Migas Untuk Negeri” yang digelar pada 7 September 2022 oleh SKK Migas - KKKS Wilayah Jambi, PetroChina International Jabung Ltd. melalui M. Yudha Ramdani selaku CSR Specialist juga menyampaikan paparan “SENI: Sinergi Membangun Negeri”.  Pada kesempatan tersebut, ditegaskan bahwa Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dilaksanakan oleh KKKS secara sistematis dan terencana di daerah operasi kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. 


Disebutkan ada beberapa kontribusi yang diberikan oleh sektor migas, diantaranya Dana Bagi Hasil (DBH), penyerapan tenaga kerja, pajak dan retribusi, serta pembangunan infrastruktur. 

Posting Komentar

0 Komentar