Kali Kedua Gandeng FJM dan LPDS, PetroChina Dukung Penuh Gelaran Uji Kompetensi Wartawan

 


DuoAngso.com, Jambi -- PetroChina International Jabung Ltd. mendukung penuh berbagai kegiatan wartawan/jurnalis,  yang salah satunya tergabung dalam Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi.  Terbaru, guna meningkatkan kemampuan wartawan yang berada di wilayah operasi kerjanya, SKK Migas - PetroChina bersama KKKS di wilayah Provinsi Jambi, menggelar pelatihan sekaligus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan pada 13-15 Desember 2022 bertempat di Hotel BW Luxury, Kota Jambi.


Pelatihan sekaligus UKW ini bukan kali pertama dilaksanakan oleh SKK Migas - PetroChina bersama KKKS lain, dimana kegiatan kali kedua dilaksanakan dengan menggandeng Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS).


Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL), Anggono Mahendrawan, saat membuka kegiatan secara daring menyampaikan, tujuan kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas wartawan dan menjalin hubungan baik antara wartawan dengan SKK Migas - KKKS di wilayah kerja hulu migas di Provinsi Jambi, dengan harapan citra dan opini SKK Migas semakin baik.


“Diharapkan dengan kegiatan ini muncul ide-ide dan gagasan terbaik untuk meningkatkan keprofesionalan jurnalis,” ujarnya.


Pelatihan dan UKW diawali dengan seremonial pembukaan kegiatan, kemudian penyampaian materi.  Selanjutnya, para wartawan mengikuti simulasi rapat redaksi kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi. Untuk uji kompetensi sendiri, dilakukan sesuai dengan jenjang kompetensi, diantaranya yakni muda (wartawan/jurnalis/reporter), madya (redaktur), dan utama (pimpinan redaksi).


“Masing-masing peserta UKW harus kompeten menyelesaikan 11 mata uji, sesuai klasifikasi kompetensinya yang dimulai dari simulasi rapat redaksi, hingga akhirnya rapat evaluasi redaksi yang merupakan output akhir,” ujar Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo, Hendrayana.


Hendrayana menyebutkan, 11 mata uji dilakukan dalam waktu dua hari. Pada hari pertama terdapat 6 mata uji dan hari kedua terdapat 5 mata uji. Pada UKW tersebut menghadirkan para penguji dari LPDS diantaranya yakni Priyambodo RH selaku pengajar di LPDS, Sri Mustika selaku Dosen UHAMKA, Maria D. Adriana selaku wartawan senior ANTARA, Lahyanto Nadie selaku pengajar di LPDS, Jufri Alkatri selaku pengajar di LPDS, Ari Wibowo selaku wartawan senior ANTARA, serta Zaenal dan Kristanto Hartadi selaku pengajar di LPDS.


Mewakili Manajemen PetroChina International Jabung Ltd., Resmanuddin, menyampaikan terima kasih kepada tim penguji LPDS yang telah bekerja sama dengan SKK Migas dan KKKS untuk melaksanakan kegiatan pelatihan dan UKW.


"Semoga kegiatan UKW ini bermanfaat bagi seluruh peserta. PetroChina sudah dua kali mendukung kegiatan UKW yang diadakan SKK Migas dan FJM Jambi. Berharap tahun-tahun berikutnya tetap bisa memberi dukungan lagi,” ujarnya.


Salah seorang peserta pelatihan dan UKW jenjang utama yang merupakan utusan dari media Jambi Independent, Surya Elviza, mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara terutama FJM,  PetroChina International Jabung Ltd., dan beberapa KKKS yang ada di Provinsi Jambi.


“UKW ini tidak hanya  melaksanakan uji kompetensi saja, namun satu hari sebelumnya, wartawan diberi pelatihan jurnalistik oleh para pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidangnya,” tuturnya.


“Terima kasih kepada SKK Migas, PetroChina, dan FJM yang sudah memfasilitasi para wartawan yang ada di Provinsi untuk untuk mengikuti UKW. Sehingga diharapkan para wartawan Jambi bisa lebih kompeten dan lebih profesional lagi dalam menjalankan tugas jurnalistik mereka,” tambahnya.


Diketahui, pada gelaran pelatihan dan UKW ini, sebanyak 38 wartawan terdaftar sebagai peserta. Dengan jumlah kehadiran 37 wartawan, seorang wartawan terkonfirmasi tidak hadir dikarenakan sakit.  Dari 37 wartawan tersebut, sebanyak 35 wartawan dinyatakan lulus UKW atau berkompeten, sementara dua wartawan dinyatakan belum berkompeten.


Ketua Forum Jurnalistik (FJM) Jambi sekaligus mantan Ketua PWI Provinsi Jambi, Mursyid Sonsang, mengucapkan selamat kepada peserta UKW yang dinyatakan kompeten. Kepada peserta yang belum kompeten, ia berpesan agar tidak berkecil hati dan tetap semangat menjalankan tugas jurnalistik.


“Nanti setelah enam bulan bisa mengulang kembali,” ujar Mursyid.

 

“Mewakili FJM, SKK Migas, dan KKKS yang beroperasi di Jambi terutama PetroChina, saya mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa kembali melaksanakan UKW dengan menggandeng LPDS,” tambahnya.

Posting Komentar

0 Komentar