Jelang Penghujung Tahun 2022, PetroChina Berikan Layanan Kesehatan dan Pendidikan Kepada Orang Rimba Jambi

 



DuoAngso.com, Jambi -- Menjelang penghujung tahun 2022, PetroChina International Jabung Ltd. sukses memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan kepada Orang Rimba Jambi.


Pelayanan kesehatan dan pendidikan kepada Orang Rimba ini merupakan salah satu realisasi program Tanggung Jawab Sosial (TJS) PetroChina International Jabung Ltd. kepada masyarakat, terkhusus yang berada di wilayah operasi kerjanya yakni Provinsi Jambi.  Pelayanan yang diberikan ini bertujuan agar Orang Rimba mendapatkan akses untuk kelayakan hidup seperti masyarakat pada umumnya.


CSR Spesialist PetroChina International Jabung Ltd., Yudha Ramadhona, mengatakan bahwa menjelang Desember 2022 ini, realisasi program dengan menggandeng Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) WARSI telah menyelesaikan pelayanan ke beberapa kelompok Orang Rimba Jambi. 


“Untuk pelayanan kesehatan dilakukan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat hingga pemberian makanan bergizi. Sedangkan untuk pelayanan pendidikan dilakukan dengan menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah mulai dari buku hingga seragam,” paparnya.


Program TJS kepada Orang Rimba, diantaranya yakni kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2022 kepada Orang Rimba Kelompok Nurani. Adapun kegiatan yang dilaksakan yakni pemeriksaan dan pengobatan dasar, pemberian vitamin anak, penyuluhan PHBS, dan pemberian makanan tambahan untuk anak-anak.


Kemudian dilanjutkan pada tanggal 25 Oktober 2022, pelayanan kesehatan dilakukan kepada Orang Rimba Kelompok Sargawi. Pelayanan kesehatan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan dan pengobatan dasar, penyuluhan PHBS, dan pemberian makanan tambahan untuk anak-anak.


Selain pelayanan kesehatan, dilanjutkan pada tanggal 19 November 2022, dilakukan kegiatan layanan Pendidikan, dengan menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah.  Diantaranya seperti seragam merah putih, seragam Pramuka, tas sekolah, dan alat tulis sekolah seperti buku gambar, buku tulis, pensil, pensil warna, peraut pensil, pena, dan penghapus.


Tidak hanya itu, dukungan bantuan konsumsi untuk kegiatan layanan pendidikan juga dilakukan pada tanggal 24 November 2022.  Adapun bantuan yang diberikan adalah sembako seperti beras, minyak goreng, telur, sarden, sayur-sayuran, bawang, cabai, mie instan, roti, biskuit, dan jajanan ringan.


Kegiatan layanan kesehatan dan pendidikan ini rutin dilakukan oleh PetroChina International Jabung Ltd. sejak beberapa bulan lalu. Untuk pelayanan sendiri dilakukan secara rutin dalam satu bulan sebanyak dua kali, bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat seperti dokter, bidan, dan puskesmas.


Seperti pada bulan September 2022 lalu, telah dilakukan pelayanan kesehatan dan pendidikan kepada beberapa kelompok Orang Rimba di wilayah Sungai Terap Kabupaten Batanghari, dan Desa Bukit Suban Kabupaten Sarolangun.

Posting Komentar

0 Komentar