Mitra Binaan PetroChina, Kopi Ajib Siap Menyapa Penggemar Kopi Liberika di Stan IPA Convex 2022

 


DuoAngso.com, Jambi - Anda penggemar kopi jenis Liberika? boleh mampir ke stan IPA Convex 2022 di Jakarta. Acara ini akan berlangsung pada 21 - 23 September 2022 di Jakarta Convention Center. Tema yang dipilih dalam IPA Convex 2022 adalah peningkatan produksi minyak dan gas bumi, serta penurunan emisi karbon yang sejalan dengan target pemerintah Indonesia. 


PetroChina International Jabung Ltd. sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi, turut mendukung perkembangan ekonomi di wilayah operasi.  Melalui kemitraan bersama PetroChina, pengembangan dan penguatan kapasitas para pelaku usaha lokal dilakukan agar dapat memaksimalkan potensi yang ada, yang salah satunya adalah usaha Kopi Ajib


Bagian penting pengenalan dan pengembangan kopi khas Provinsi Jambi ini, dilakukan seorang pemuda enerjik yang merupakan Ketua Kelompok Usaha Bersama Haji Bangun, Muhamad Firdaus. Kopi Ajib merupakan brand lokal produk Kopi Liberika yang diproduksi oleh KUB Haji Bangun yang berbahan dasar Kopi Liberika Tungkal Komposit (LIBERITUKOM), yaitu jenis kopi yang ditanam masyarakat di lahan gambut di Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Sementara, Ajib merupakan kepanjangan dari Aji Bangun yang merupakan nama dusun di desa tersebut. 


"Saya bawa bahan kopi yang buat diseduh nanti di IPA Convex 2022, di Jakarta. Kegiatan ini tentu memotivasi kami untuk mengembangkan kopi lebih giat lagi," ujar Firdaus di sela pemberangkatan menuju BANDARA Sultan Thaha Jambi, Senin (19/9/2022).


Kopi Ajib pertama kali diproduksi berupa ground coffee sebanyak dua kilogram dan dipesan oleh peminat kopi di Bandung.  Produksi kopi ini dilakukan oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Haji Bangun, yaitu perkumpulan masyarakat yang melakukan pengolahan dan pengembangan Kopi Liberika mulai dari budidaya hingga proses hilirisasinya. Kopi Ajib menyediakan aneka produk olahan Kopi Liberika berupa green bean, roasted bean, dan ground coffee dengan olahan natural, honey, dan fullwash. 


"Berawal dari sinilah, kami memulai usaha Kopi Ajib.  Lokasinya di Sungai Terap sekaligus menjadi sentra produksi pengolahan Kopi Liberika," jelasnya. 


KUB ini memiliki kelompok tani binaan, beranggotakan 25 petani yang menjadi penyuplai bahan baku utama kopi. Produksi kopi ini juga dilakukan dengan memperhatikan proses pasca panen dan pengolahan, sehingga dihasilkan kopi berkualitas. 


"Untuk memenuhi permintaan pasar, para petani inilah yang menjadi penyuplai utama bahan baku Kopi Liberika untuk memperkuat stok biji kopi olahan," paparnya. 


Pada gelaran 46th IPA Convention & Exhibition yang digelar secara hybrid pada 21 - 23 September 2022 di Jakarta Convention Center, selain dapat mengunjungi Booth PetroChina yang salah satunya diisi oleh wirausahawan muda binaan PetroChina, M. Firdaus, sang pemilik usaha Kopi Ajib di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada 22 September 2022 pada pukul 10.30 - 11.00 WIB, akan ada Sharing Session IPA Convex 2022 yang dipersembahkan oleh PetroChina International Jabung Ltd. mengulas Go Deeper: Challenge & Innovations “Exploring The Hidden Treasure” oleh Andri Syafriya, S.T., M.T. selaku Exploration Support and Operation Manager yang dipandu oleh Eva Jeaniffer selaku Communication Secretary sebagai host.

Posting Komentar

0 Komentar