Dukung Peningkatan Minat Baca, PetroChina Berikan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi Tahun 2022

 



DuoAngso.com, Jambi - PetroChina International Jabung Ltd. turut mengambil peran penting dalam peningkatan literasi di Provinsi Jambi. Dibuktikan, PetroChina ikut berkontribusi dalam pemberian baju dan souvenir bagi pemenang lomba, pada penutupan rangkaian perlombaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi, yang digelar di salah satu mall di Kota Jambi, Kamis (22/9/2022).


Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi, Arzi Efendi menuturkan, rangkaian perlombaan ini bersumber dari APBD Kota Jambi Tahun Anggaran 2022, pada Kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca, Promosi, Pelestarian Koleksi Nasional dan Naskah Kuno, pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi. 


Tujuan dari kegiatan ini yakni menumbuhkembangkan minat dan kegemaran bercerita, untuk meningkatkan budaya literasi pada siswa/i serta memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, memberikan edukasi kepada peserta tentang keindahan dari perpustakaan untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan, menggalakkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan waktu luang untuk membaca, agar tercipta masyarakat kreatif, dinamis, produktif dan mandiri, mendidik masyarakat untuk memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil.


"Lomba vlog yang diikuti oleh 34 peserta, tingkat pelajar, dan masyarakat Kota Jambi dilaksanakan tanggal 21 sampai 31 Maret 2022, lomba perpustakaan kelurahan diikuti oleh 15 kelurahan yang diselenggarakan pada tanggal 20 sampai 24 Juni 2022, lomba bercerita tingkat SD/MI sederajat tahun 2022 berjumlah 93 orang dari 55 sekolah terdiri dari siswa/i kelas 3 sampai 5 SD/MI sederajat se-Kota Jambi," jelasnya.


Wakil Wali Kota Jambi, dr. Maulana menuturkan, para peserta yang mengikuti lomba adalah pilihan sekolah yang terbaik. Dirinya mengucapkan selamat kepada para peserta yang mendapatkan piala serta sertifikat. dr. Maulana terus memotivasi siswa/i untuk meningkatkan motivasi membaca, baik di sekolah maupun di rumah. 


"Butuh keterampilan khusus dari para peserta.  Para peserta juga harus mampu menyampaikan pesan kepada orang lain. Lomba bercerita harus sering dilaksanakan. Anak-anak kita ini yang terbiasa ikut lomba, nanti akan jadi dosen, jadi guru. Saya yakin dan percaya, anak-anak yang ikut lomba ini akan jadi pemimpin. Oleh karena itu anak-anakku harus rajin belajar dan membaca buku. Ibu-ibu di rumah harus menumbuhkembangkan niat membaca untuk anak-anaknya," ujarnya. 


"Terima kasih PetroChina," ujar Cherine selaku Pemenang Harapan 3 Lomba Bercerita Rakyat Jambi Tingkat SD/MI se-Kota Jambi Tahun 2022.

Posting Komentar

0 Komentar