Dalam Gelaran IPA Convex 2022, PetroChina Gelar Sharing Session Bertajuk Go Deeper: Challenge & Innovations “Exploring The Hidden Treasure”

 


DuoAngso.com, Jakarta - Puluhan mahasiswa dari berbagai universitas negeri maupun swasta di Indonesia, mengikuti kegiatan sharing session bertajuk Go Deeper: Challenge & Innovations “Exploring The Hidden Treasure”, yang diselenggarakan oleh PetroChina International Jabung Ltd., bertempat di Jakarta Convention Center, Kamis (22/9/2022) siang.


Kegiatan sharing session ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 46th IPA Convention & Exhibition yang digelar secara luring pada tanggal 21 - 23 September 2022.  Sharing session yang digelar secara hybrid yakni luring dan daring ini menghadirkan narasumber, yakni Andri Syafriya, S.T., M.T. selaku Exploration Support & Operation Manager, dengan Eva Jeaniffer selaku Communication Secretary PetroChina International Jabung Ltd. sebagai host. 


Pada kesempatan tersebut, Andri Syafriya menyampaikan materi terkait tiga hal penting dalam menghadapi tantangan dan inovasi terhadap sumber energi baru. Tiga hal penting tersebut yakni  Exploration Play Type, Basement Fracture, dan Sub Unconformity (Sun).


“Salah satu program dan inovasi kita yaitu, kita berencana melakukan ready seismic dengan resolution dengan fold yang tinggi.  Ini juga kita rencanakan untuk mengisi kekosongan data-data kita selama ini. Sebagai contoh mungkin di area Jabung itu ada beberapa area yang posisinya spreads (menyebar) itu kurang dicover, maka nantinya akan coba diisi dengan data,” paparnya.


Andri Syafriya juga mengatakan, saat ini Blok Jabung tengah top-topnya dalam hal produksi. Dengan rata-rata produksi pada satu tahun terakhir yakni mencapai 60.000 oil equivalent.


Pada sesi tanya jawab dengan mahasiswa, salah seorang mahasiswa yang mengikuti sharing session secara daring dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta, Boy Utama menanyakan apakah Blok Jabung tetap dilakukan kegiatan eksplorasi walaupun sudah dieksploitasi. Kemudian dijawab oleh Andri Syafriya, bahwa dalam kegiatan operasi, perlu adanya sumber energi terbarukan.


 “Kita juga harus berpikir ke depan, bahwa Blok Jabung ini adalah bukan energi terbarukan.  Jadi suatu saat bisa habis, sehingga kita harus mencari cadangan baru dengan cara ekplorasi dengan target-target yang belum dilihat sebelumnya. Untuk itu, dengan integritas data yang ada, supaya mengetahui adanya potensi,” jelasnya.


Selain sharing session bertajuk Go Deeper: Challenge & Innovations “Exploring The Hidden Treasure”, dalam gelaran IPA Convex 2022, PetroChina  turut menghadirkan booth dengan menyediakan kopi liberika racikan wirausahawan muda binaan PetroChina Jabung, M. Firdaus, yakni Kopi Ajib dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Posting Komentar

0 Komentar