SKK Migas - PetroChina Launching Wisata Embung Bina Lestari di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

 


DuoAngso.com, Betara -- “Hore, ada tempat main baru,” itulah kalimat singkat yang diungkapkan sejumlah anak-anak yang berada di Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, saat menyaksikan bahwa ada wisata baru di desanya.  Bukan hanya anak-anak, kebahagiaan tampak dari wajah para ibu-ibu yang turut memenuhi area Embung Bina Lestari yang dilaunching pada Minggu, 3 Juli 2022.


Keberadaan wisata Embung Bina Lestari merupakan satu diantara banyak Program Pengembangan Masyarakat (PPM) atau Tanggung Jawab Sosial (TJS) PetroChina International Jabung Ltd. tahun 2022.  Soft opening ceremony wisata Embung Bina Lestari Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dihadiri oleh Camat Betara Toni Ermawan, M. Yuda Ramdani dan Suhandra selaku  Staf Community Development PetroChina International Jabung Ltd., perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Tanjung Jabung Barat, perwakilan Kepala BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, TNI/POLRI, Kepala Desa Muntialo, Ketua Kelompok Sadar Pariwisata (POKDARWIS) Muntialo Green beserta anggota, dan tamu undangan.


Pada pemaparannya, M. Yuda Ramdani selaku Staf Community Development PetroChina International Jabung Ltd. menuturkan, pihaknya memberikan bantuan dan dukungan kepada POKDARWIS Muntialo Green untuk pengembangan wisata Embung di Desa Muntialo, karena memiliki potensi yang dapat dikelola dengan baik.


“Awalnya kita berfokus pada pengembangan Desa Tangguh Bencana, dimana kami dulunya hanya berkoordinasi dengan BPBD untuk pengembangan posko pencegahan kebencanaan kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA).  Namun kami melihat disini ada potensi embung, dimana ini bukan hanya bisa untuk dijadikan cadangan air pencegahan KARHUTLA, tapi bisa berpotensi untuk wisata.  Sehingga kita mengembangan disini untuk jadi satu strategi peningkatan ekonomi masyarakat, yang integrasinya juga tetap pada mencegah bencana kebakaran.  Tapi hal pentingnya adalah peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.


“Kami ingin POKDARWIS terus mengembangkan wisata ini, yang salah satunya mengangkat potensi lokal yakni nanas madu Desa Muntialo yang dapat diaplikasikan pada berbagai menu makanan dan minuman.   Ini baru permulaan, kita akan kembangkan wisata ini lebih lanjut dengan berbagai atraksi wisata dan kegiatan wisata serta budaya.  Melalui embung kami berharap, wisata ini mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat, dan menjadi sumber ekonomi masyarakat.  Ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata di Provinsi Jambi,” tambahnya.


Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Kasi Sarana dan Promosi Pariwisata, Mario RA Mandey pada sambutannya menuturkan, dalam pengembangan sebuah tempat pariwisata, pentingnya ada pemahaman tentang Sadar Wisata dan Sapta Pesona.  Hal ini dilakukan, agar setiap pelaku pariwisata dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi tumbuh kembangnya pariwisata, budaya, kearifan lokal, serta meningkatnya ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


“Kami mengharapkan kepada seluruh pihak agar dapat mendukung kemajuan wisata Embung Bina Lestari,” ungkapnya.


Sementara, Camat Betara Toni Ermawan pada sambutannya  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dari awal pembentukan POKDARWIS Muntialo Green hingga pelatihan dan terbentuknya Embung Bina Lestari.  


“Tagline yang harus terus dikawal adalah JAGUAR, Jaga Lingkungan Alam dari Kebakaran.  Di wisata air ini, kami harapkan terus adanya edukasi KARHUTLA.  Dengan adanya soft opening, artinya berbagai kegiatan sudah bisa dilakukan,” ungkapnya saat melaunching Embung Bina Lestari di Desa Muntialo.


Ketua POKDARWIS Muntialo Green, Usman HS menuturkan, secara pribadi dan mewakili seluruh anggota, mengucapkan terima kasih kepada PetroChina, dengan harapan pendampingan dan pelatihan yang dilakukan dapat terus bermanfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat.


“Alhamdulillah, selama masa kegiatan ini kami sudah mendapatkan support dari PetroChina.  Namun kami harapkan ke depannya Embung Bina Lestari juga mendapat dukungan dari pihak-pihak lain mulai dari pemerintah daerah dan swasta lainnya.  Kami menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PetroChina yang dua tahun ini telah membina kami dalam pembentukan wisata Embung Bina Lestari,” ungkapnya.


Selain itu, Ade Jermawinsyah Zebua selaku pendamping POKDARWIS Muntialo Green berharap, keberadaan wisata Embung Bina Lestari dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan.  Dengan ini terjadinya koneksi, bukan hanya embung dan kopi liberika khas Kecamatan Betara, namun tentang pariwisata Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


Pada prosesnya, pembinaan yang dilakukan oleh PetroChina kepada POKDARWIS Muntialo Green dilakukan sejak tahun 2021, mulai dari pengembangan posko bencana KARHUTLA dengan dilakukannya pemasangan rambu-rambu pencegahan KARHUTLA, jalur evakuasi, hingga bertahap pada pelatihan dasar dan pembentukan POKDARWIS.   Selanjutnya pada tahun 2022, PetroChina memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen kepariwisataan kepada POKDARWIS Muntialo Green dengan tujuan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 


Keberadaan wisata Embung Bina Lestari, kini sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung.  Berbagai fasilitas disediakan, mulai dari lahan parkir yang luas, mushola, rambu jalur evakuasi, pondokan, berbagai saung yang menjual makanan dan minuman, hingga berbagai wisata permainan air yakni bebek-bebekan dan waterball.  Jadi, bagi masyarakat di dalam maupun luar Provinsi Jambi yang ingin menempuh perjalanan ke Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sempatkan berwisata di Embung Bina Lestari, yuk!

Posting Komentar

0 Komentar