Sinergi Local Hero dan PetroChina dalam Membangun Taman Ekologi “Gerbang Lestari”

 




DuoAngso.com, Jakarta -- PetroChina International Jabung Ltd. berkesempatan memaparkan materi terkait Pengembangan Taman Ekologi “Gerbang Lestari” di Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dalam Festival Peduli Sampah Nasional 2022 di Jakarta, Rabu (15/6/2022).


Program Taman Ekologi Gerbang Lestari merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dari SKK Migas - PetroChina yang dilaksanakan pada tahun 2022.  “Gerbang Lestari” merupakan singkatan dari Gerakan Pengembangan Lingkungan Ekologi dan Sapi - Sawit Terintegrasi.


Taman Ekologi Gerbang Lestari dirintis pada tahun 2021 melalui program tanggung jawab sosial SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd., bekerja sama dengan PUI-PT SIFAS Universitas Jambi dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Program ini merupakan diversifikasi dari program-program sebelumnya, dengan menggabungkan potensi dari budidaya sapi, pengembangan pupuk organik terintegrasi sapi dan sawit, yang disinergikan dengan konsep sekolah lapang ramah lingkungan. 


Dalam program rintisan ini, anggota Kelompok Tani Suka Maju, Kelompok Wanita Tani (KWT) Nusa Indah dan pemuda-pemudi di sekitarnya dilatih dan didampingi, untuk mempraktikkan budidaya pertanian ramah lingkungan dengan metode budidaya hidroganik jongkok untuk komoditas sayuran, budidaya pertanian rakit apung untuk padi dan sayuran, serta hidroponik. 


Seluruh metode budidaya tersebut diterapkan secara organik, yang ditunjang dengan produk organik 3 bio (biofertilizer, biopestisida, dan biostimulan). Produk 3 bio ini dihasilkan secara mandiri oleh para petani. Keterampilan membuat produk 3 bio ini turut dilatih melalui program tanggung jawab sosial dari SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd.


“Dari kegiatan ini, diharap Taman Ekologi “Gerbang Lestari” dapat menjadi tempat wisata, edukasi, dan campaign bebas dari limbah peternakan,” ujar M. Yuda Ramdani selaku Community Development PetroChina International Jabung Ltd.


Sementara itu, sebagai Local Hero Taman Ekologi “Gerbang Lestari”, Ika Armita Sari termotivasi untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam pengembangan, karena sampah dari peternakan harus dimanfaatkan agar tidak menjadi limbah.


“Pengelolaan yang baik akan mengurangi potensi penyakit. Selain itu, diharapkan akan menjadi tambahan pendapatan dan ekonomi bagi masyarakat itu sendiri,” ujarnya. 

Posting Komentar

0 Komentar