PetroChina Gandeng Pemkab Tanjab Barat Gelar Pelatihan Workshop Ecoprint Pewarna Batik Alami

 




DuoAngso.com, Tanjung Jabung Barat --- PetroChina International Jabung Ltd. mendatangkan instruktur dari Yogyakarta, untuk memberikan pelatihan Ecoprint Pewarna Batik Alami kepada Perajin Batik di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi selama empat hari, yakni Senin (21/2/22) hingga Kamis (24/2/22).


Bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, selain Pelatihan Pewarnaan Alami Ecoprint, instruktur yang dihadirkan oleh pihak PetroChina ini juga memberikan materi dan pelatihan Digital Marketing.


Hal tersebut diungkapkan oleh Ahmad Ramadlan selaku Government dan Relations Advisor PetroChina International Jabung Ltd., yang hadir saat pembukaan Workshop Ecoprint Pewarna Batik Alami di Showroom Dekranasda Tanjung Jabung Barat, oleh Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat.


“Harapan kita karena ini pelatihan ecoprint, pewarnaan batik bahan alami lebih memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, karena potensinya sangat besar untuk dijadikan pewarna alami,” ungkapnya.


Ramadlan menjelaskan, untuk pewarna alami tidak berbahaya bagi lingkungan. Tidak seperti pewarna batik sintetis yang limbahnya berbahaya termasuk Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).


Sementara, Bupati Tanjung Jabung Barat, Jambi Anwar Sadat menuturkan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut Elaborasi Batik Khas Tanjung Jabung Barat dengan metode Ecoprint pewarna alami memanfaatkan potensi alam yang ada di Tanjung Jabung Barat. 


“Metode Ecoprint, inovasi baru bagi para Perajin Batik di Tanjung Jabung Barat. Dengan metode ini, pembuatan batik yang biasanya menggunakan zat kimia, akan ada tambahan kreativitas pembuatan batik menggunakan pewarna alami ramah lingkungan,” ungkapnya. (**)

Posting Komentar

0 Komentar