3 Dari 24 Tahanan Kabur Merupakan Titipan Jaksa

 


DuoAngso.com, JAMBI -- Tiga dari 24 tahanan kabur di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B, Muara Bulian, Kabupaten Batanghari merupakan tahanan titipan Kejaksaan Negri (Kejari) Batanghari


Hal tersebut, dibenarkan langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Sapto Subroto saat dijumpai awak media di kantor kejati Jambi, pada selasa siang.


Sapto Subroto menuturkan, ketiga tahanan tersebut merupakan titipan dari jaksa dengan perkara narkoba, bahkan ketiganya tengah menunggu jadwal sidang di pengadilan.


"Itu, para tahanan tersebut ada yang sudah sidang dan bahkan akan mengikuti proses persidangan di Pengadilan Batanghari, dan dari ketiga Tahanan tersebut merupakan tahanan dari kasus narkoba"ujarnya.


Sementara itu, ketiga tahanan tersebut diantaranya, RG 45 tahun Warga Desa Panerokan, Iw 36 Tahun warga Maro Sebo, dan IS 23 Tahun warga Muaro Bulian.


Para tahanan tersebut Ikut serta melarikan diri saat 

bersamaan dengan 21 tahanan lainnya yang juga merupakan tahanan perkara narkoba dan pidana umum dari Titipan polres Batanghari.


"Saat ini Kajari Jambi Telah Berkordinas dengan Polda Jambi Dan Jajaran, Diharapkan kasus ini segera diselesaikan dan para pelaku dihimbau untuk segera menyerahkan diri" Ujarnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenkumham Jambi M Jahari Sitepu juga membenarkan adanya kejadian tahanan kabur tersebut. Namun Jahari mengatakan tahanan yang kabur itu tidak ada hubungannya dengan LPKA Muarabulian. 


"Mereka tahanan Polres Batanghari yang ditempatkan di LPKA Muarabulian," kata Jahari, Senin (15/11/2021) kemarin. 


Jahari menjelaskan, pada bulan Maret 2021 lalu, pihak Polres Batanghari meminjam satu blok di LPKA Muarabulian untuk menempatkan tahanan. Hal ini dikarenakan di Polres Batanghari saat ini ada pembangunan, sehingga tahanan perlu dipindahkan untuk sementara waktu. 


Blok tersebut, berbeda dengan blok tahanan LPKA Muarabulian. Blok yang dipinjam pakai itu bekas blok tahanan perempuan yang saat ini telah memiliki Lapas Perempuan khusus. 


Jahari mengatakan, berdasarkan informasi yang ia peroleh dari Kepala LPKA Muarabulian, ada 24 tahanan yang kabur. "Satu sudah menyerahkan diri," tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar