Tingkatkan Keahlian Perajin, PetroChina Jabung Gelar Pelatihan Batik CANTING EMAS

  


DuoAngso.com ( Tanjung Jabung Barat) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. menghadiri sekaligus membuka acara pelatihan membatik bertajuk CANTING EMAS (Cipta Batik, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat ). Pelatihan ini merupakan program kerja sama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan PetroChina International Jabung Ltd. yang digelar pada Kamis (21/10/21). 


Acara yang bertempat di balai pertemuan kantor bupati tersebut, turut dihadiri oleh manajemen PetroChina Jabung, Sekretaris Daerah, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ketua Komisi III DPRD Tanjung Jabung Barat, Ketua Tim Penggerak-PKK Tanjung Jabung Barat, dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanjung Jabung Barat. 


Pelatihan ini diikuti oleh 35 orang peserta yang merupakan warga tiga desa masing-masing 10 orang, yakni Desa Sungai Gebar, Serdang Jaya, dan Desa Tungkal I, sementara 4 orang peserta merupakan penyandang difable dan 1 orang peserta dari Kelompok Sadar Wisata Ekowisata Sukorejo, yang juga merupakan binaan PetroChina.


Dalam laporannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dianda Putra S.STP., M.Si. menyampaikan kegiatan pelatihan membatik ini adalah sebagai tindak lanjut dari arahan Bupati Tanjung Jabung Barat dalam kegiatan Launching Manpower Fest I Tahun 2021, yang telah dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yakni terkait pelatihan dan pengembangan batik motif khas Tanjung Jabung Barat.


"Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk realisasi dari penandatanganan MoU program kerja sama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan PetroChina International Jabung Ltd., yang dilanjutkan dengan penyusunan perjanjian kerja sama (PKS), antara Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan PetroChina International Jabung Ltd. di bidang pemberdayaan tenaga kerja lokal," ujarnya. 


Dikatakan pula, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan dan keahlian kepada komponen/kelompok masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mengurangi angka pengangguran, meningkatkan pemerataan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan situasi yang kondusif dan harmonis, melalui hubungan kerja sama yang sinergis antara Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan PetroChina bersama masyarakat, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Berkah. 


Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan kali ini adalah sebuah kegiatan aksi nyata sekaligus terobosan, dalam rangka membangun dan mendorong semangat pemberdayaan tenaga kerja lokal yang bermental wirausaha, memiliki keterampilan dan keahlian, guna menciptakan kesempatan dan produktivitas tenaga kerja yang lebih luas sehingga menghasilkan produk lokal yang bernilai ekonomis serta dapat dibanggakan, baik pada skala lokal, regional, bahkan pada saatnya berskala nasional dan seterusnya.


"Program kegiatan pelatihan membatik bertajuk CANTING EMAS ini saya filosofikan bahwa canting itu terbuat dari aluminium tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi dan besar, sesuatu yang bernilai tinggi dan besar itu disebut dengan ekonomi. Dan ini merupakan sebuah langkah maju dalam rangka merespon apa yang sudah saya sampaikan pada beberapa bulan yang lalu,” ungkapnya.


“Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan. Potensi-potensi itu harus diikuti oleh kebijakan atau regulasi yang memiliki efek manfaat nyata bagi masyarakat, sebab Kuala Tungkal ini kaya dengan khasnya seperti perkebunan, perikanan, hutan mangrove, kuliner, dan tempat wisata. Ini merupakan embrio atau simbol-simbol filosofi yang dapat dituangkan ke dalam batik yang nantinya akan menjadi batik khas Tanjung Jabung Barat,” tambahnya. 


Pada kesempatan ini, Community Development Supv. PetroChina Jabung, Yulian mengatakan, Pelatihan Membatik bertajuk CANTING EMAS (Cipta Batik, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat) merupakan program kerja sama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan PetroChina International Jabung Ltd. Tahun 2021.  


 “Ini merupakan wujud sinergi atau kepedulian PetroChina terhadap masyarakat yang memiliki potensi sebagai pembatik, sehingga dengan pelatihan membatik tersebut setidaknya nanti dapat menghasilkan karya motif batik jenis lainnya, sehingga batik khas Kuala Tungkal ini dapat dikenal dengan motif terbaik di Kabupaten Tanjung Jabung Barat khususnya, Provinsi Jambi pada umumnya. Kami harapkan kerja sama melalui pelatihan ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat terutama bagi profesi pembatik.” pungkasnya. 


Beberapa rangkaian dalam program pengembangan masyarakat ini meliputi rekrutmen untuk peserta pelatihan membatik cap tingkat dasar, pelaksanaan pelatihan membatik cap tingkat dasar sebanyak dua kelas, pelatihan membatik cap tingkat lanjut sebanyak satu kelas, pemberian bantuan peralatan membatik bagi 4 kelompok perajin yaitu perajin batik Desa Sungai Gebar, Desa Tungkal I, Desa Serdang Jaya, dan kelompok pengrajin batik difable dari Specialpreneur (Yayasan Permata Special Insani) Kuala Tungkal, dan juga kegiatan pendampingan setelah kegiatan pelatihan selesai untuk masing-masing kelompok sebanyak tiga kali kegiatan. 


Instruktur pelatihan berasal dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Jogjakarta, Ida Maryanti Syamsir dari Sanggar Batik Rindani Jambi dan Efi Rosa selaku asisten pelatih khusus difable yang juga dari Sanggar Batik Rindani Jambi. (**)

Posting Komentar

0 Komentar